KREATIVITAS GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SDN 2 BAMBAPUN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran di SD Negeri 2 Bambapun. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru kelas V, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menunjukkan kreativitas dalam tiga indikator utama: person, proses, dan produk. Kreativitas tampak dalam usaha guru memanfaatkan bahan sederhana dari lingkungan sekitar serta penggunaan media teknologi seperti Chromebook. Faktor pendukung utama adalah dukungan kepala sekolah dan tersedianya media elektronik. Sedangkan faktor penghambat adalah terbatasnya sumber daya manusia dalam bentuk fasilitator atau pelatihan serta kurangnya perangkat IT. Penelitian ini menekankan pentingnya dukungan institusional dan pelatihan berkelanjutan untuk mendukung kreativitas guru dalam pembelajaran