STRATEGI BRANDING DIGITAL: PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PROMOSI PULAU TAMPELEKAN DI DESA SIMATANG TANJUNG

Penulis

  • Sitti Rahmah Universitas Madako Tolitoli
  • Arqam Samsuriadi Universitas Madako Toli toli
  • Sri Wulan Universitas Madako Toli toli
  • Taufik Hidayat Universitas Madako Toli toli
  • Nursam Nursam Universitas Madako Toli toli

DOI:

https://doi.org/10.2001/makapande.v1i1.1287

Kata Kunci:

pariwisata, promosi, Pulau Tampelekan, Tolitoli, Dampal Utara

Abstrak

Pariwisata merupakan sektor penting yang mendukung perekonomian dalam suatu daerah, salah satu destinasi wisata yang ada di Desa Simatang Tanjung Kecamatan Dampal Utara adalah wisata pulau tampelekan. Belum banyak masyarakat luar yang mengetahui adanya destinasi ini, selain letaknya yang berada di Desa terpencil juga masih kurangnya publikasi manual maupun digital mengenai informasi tentang wisata tersebut. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata mengetahui keberadaan objek wisata Pulau Tempelekan saat pertama kali mengunjungi Desa Simatang Tanjung. Selanjutnya, dilakukanlah observasi secara langsung di Pulau Tempelekan untuk mengidentifikasi berbagai potensi yang dimiliki, salah satunya kekayaan flora dan fauna yang masih alami serta terjaga kelestariannya. Berdasarkan hasil observasi tersebut, mahasiswa kemudian melaksanakan kegiatan promosi wisata Pulau Tampelekan dengan memfokuskan upaya promosi melalui media sosial, khususnya platform Instagram. Tujuan dari kegiatan promosi ini untuk menarik minat pengunjung untuk berkunjung ke pulau tampelekan yang berada di pulau simatang.

Biografi Penulis

Sitti Rahmah, Universitas Madako Tolitoli

Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Sri Wulan, Universitas Madako Toli toli

Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Taufik Hidayat, Universitas Madako Toli toli

Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Nursam Nursam, Universitas Madako Toli toli

Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Referensi

Akasse, C. S., & Ramansyah, R. (2023). Strategi Promosi Pariwisata melalui Media Sosial dalam Meningkatkan Pengunjung di Desa Wisata (Tourism Promotion Strategy through Social Media in Increasing Visitors in Tourism Villages). Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 10(1), 52–60.

Amananti, W. (2024). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI STRATEGI PROMOSI TEMPAT WISATA DI KOTA TERNATE OLEH DINAS PARIWISATA KOTA TERNATE. 4(02), 7823–7830.

Diwyarthi, N. D. M. S. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Media Sosial dalam Peningkatan Promosi Desa Wisata Bongan Kabupaten Tabanan Bali. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(4), 300–310. https://doi.org/10.61231/jp2m.v1i4.157

Nofrianto, Pratiwi, S. S., Batalipu, R. H., Umar, A. S., & Masdayanti. (2024). Edukasi Cerdas: Cegah Pergaulan Bebas dan Bijak Gunakan Media Sosial di SMP Negeri 5 Ogodeide, Kabupaten Tolitoli. TOLIS MENGABDI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 43–46. https://doi.org/10.56630/tm.v2i2.770

Prasetyo, H., Irawati, N., & Satriawati, Z. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Pemasaran Desa Wisata. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(2), 515. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i2.1281

Proklamasi, M., Andnung, P. A., & Swan, M. V. D. P. (2023). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Online. Deliberatio: Jurnal Mahasiswa Komunikasi, 2(1), 70–87. https://doi.org/10.59895/deliberatio.v2i1.31

Saputra, M. F., & Raymond, A. (2024). Pengaruh Konten Instagram @ visit . tangsel Terhadap Promosi Pariwisata Kota Tangerang Selatan. 1, 147–154.

Slam, B. E., Magfira, F., Irawan, F., & Efranda, N. (2025). Jurnal abdimas tgd. 5(1), 27–32.

Sondakh, R. C., Hayatudin, Ahmad, F., Kahar, Adnan, Adi, M., & Fajrin. (2021). Pelatihan kecap dari air kelapa sebagai produk unggulan desa di desa sese, kabupaten tolitoli. Logista: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 21–30. https://doi.org/10.25077/logista.5.2.21-30.2021

Sukmawati, R. E., & Anggalih, N. N. (2024). Perancangan Konten Media Sosial Tiktok Sebagai Promosi Desa Wisata Kampung Majapahit Bejijong. Barik, 6(2), 199–213. https://doi.org/10.26740/jdkv.v6i2.64002

Utami, N. F., & Yuliati, N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Informasi. Bandung Conference Series: Public Relations, 2(2), 1–11. https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i2.3334

Yumna, R. (2023). Strategi Konten @Zaco_Id Dalam Mempromosikan Produknya Melalui Media Instagram. An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam, 14(2), 95–104. https://doi.org/10.34001/an-nida.v14i2.3880

Zulpakar, M., Ismail, M., Wirandi, M., Sinyor, M. I., Sahril, J., Saputra, A., Hud, Z. A., Laubaha, M., N. Mael, N. E., Saldi, S., Randiansyah, R., Desliana, D., Akmal, A., Tahira, T., Purnama, J., & Laheng, S. (2023). Kuliah Kerja Nyata : Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Bakti Sosial Di Pantai Lalos Kabupaten Tolitoli. TOLIS MENGABDI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16–20. https://doi.org/10.56630/tm.v1i1.333

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-25

Cara Mengutip

Rahmah, S., Arqam Samsuriadi, Wulan, S., Hidayat, T., & Nursam, N. (2025). STRATEGI BRANDING DIGITAL: PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PROMOSI PULAU TAMPELEKAN DI DESA SIMATANG TANJUNG. Makapande Mengabdi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 67–74. https://doi.org/10.2001/makapande.v1i1.1287

Terbitan

Bagian

Artikel