Peran tik dalam menciptakan pembelajaran adaptif dan berkelanjutan di era society 5.0
DOI:
https://doi.org/10.56630/jme.v10i2.1458Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Teknologi Informasi, Society 5.0, pembelajaran siswaAbstrak
Karena pengaruhnya yang sangat besar terhadap aktivitas manusia, TIK telah berkembang menjadi instrumen vital dalam berbagai disiplin ilmu. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa TIK telah mengubah praktik manajerial dan operasional secara radikal, serta praktik di industri transportasi, kesehatan, pendidikan, dan penelitian. Media pembelajaran merupakan instrumen yang mengarahkan penyebaran pesan dan data pendidikan. Materi pembelajaran yang disusun dan dibuat dengan baik sangat membantu perolehan dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Perkembangan media pembelajaran dipercepat dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat. TIK dimanfaatkan sebagai alat dan media pendidikan yang vital. Pendidikan TIK dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan sangat penting bagi kemajuan masyarakat di era 5.0. Kemajuan TIK di era sosial Tujuan 5.0 adalah mendekatkan perekonomian masyarakat dengan masyarakat masa kini. 1. Selain membaca dasar, masyarakat akan membutuhkan keterampilan lain di masa depan, termasuk pemecahan masalah, berpikir kritis, penalaran, penemuan, komunikasi, dan kerja tim, saat kita memasuki periode masyarakat 5.0. Saat ini banyak sekali sumber belajar teknologi informasi yang populer, antara lain internet, intranet, telepon seluler, CDR/Flash Disk, dan lain-lain. Model pembelajaran harus dimodifikasi agar selalu update seiring dengan semakin pesatnya perubahan perkembangan. ditimbulkan oleh kemajuan teknologi.
Referensi
Abdul Latip. (2020). Peran literasi teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956
Amalia, I. (2020). Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (tik) dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK). https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.900
Anggraeni, R., & Elan Maulani, I. (2023). Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Perkembangan Bisnis Modern. Jurnal Sosial Teknologi. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i2.635
Azizah Mutiara, V. (2020). Teknologi Informasi Komunikasi dan Perkembangannya. Teknologi Informasi Komunikasi Dan Perkembangannya.
Barkah, J. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sejarah.
Danuri, M. (2019). Perkembangan dan Transformasi Teknologi Digital. Infokam.
Dedes, K., Prasetya, A., Laksana, E. P., Ramadhani, L., & Setia, V. (2022). Peran Etika dalam Teknologi Informasi. Jurnal Inovasi Teknologi Dan Edukasi Teknik. https://doi.org/10.17977/um068v2i12022p11-19
Dewi, S. Z., & Hilman, I. (2019). Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15100
Fricticarani, A., Hayati, A., R, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi pendidikan untuk sukses di era teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI). https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1173
Hanannika, L. K., & Sukartono, S. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis TIK pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3269
Huda, I. A. (2020). Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (tik) terhadap kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK). https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622
Ismai. (2020). Teknologi Informasi dan Sistem Informasi Manajemen. In Kita menulis.
Kusumawati, K. (2023). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pendidikan. JURNAL LIMITS. https://doi.org/10.59134/jlmt.v5i1.311
Makmur, T. (2019). Teknologi informasi. Info Bibliotheca: Jurnal Perpustakaan Dan Ilmu Informasi. https://doi.org/10.24036/ib.v1i1.12
Mariana, E. (2014). Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi. In Ilmuti.Org.
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Mukhsin, M. (2020). Peranan teknologi informasi dan komunikasi menerapkan sistem informasi desa dalam publikasi informasi desa di era globalisasi. Teknokom. https://doi.org/10.31943/teknokom.v3i1.43
Ngafifi, M. (2014). Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616
Subarjo, A. H. (2015). Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Pendidikan. Jurnal Angkasa.
Wahyudi, H. S., & Sukmasari, M. P. (2018). Teknologi dan kehidupan masyarakat. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1). https://doi.org/10.20961/jas.v3i1.17444
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963





