Peran tik dalam menciptakan pembelajaran adaptif dan berkelanjutan di era society 5.0

Penulis

  • Rizki Cahya Novitasari Program Studi Manajemen Pendidikan Islam,Universtas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Juliana Saputri Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Sumarno Sumarno Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.56630/jme.v10i2.1458

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Teknologi Informasi, Society 5.0, pembelajaran siswa

Abstrak

Karena pengaruhnya yang sangat besar terhadap aktivitas manusia, TIK telah berkembang menjadi instrumen vital dalam berbagai disiplin ilmu. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa TIK telah mengubah praktik manajerial dan operasional secara radikal, serta praktik di industri transportasi, kesehatan, pendidikan, dan penelitian. Media pembelajaran merupakan instrumen yang mengarahkan penyebaran pesan dan data pendidikan. Materi pembelajaran yang disusun dan dibuat dengan baik sangat membantu perolehan dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Perkembangan media pembelajaran dipercepat dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat. TIK dimanfaatkan sebagai alat dan media pendidikan yang vital. Pendidikan TIK dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan sangat penting bagi kemajuan masyarakat di era 5.0. Kemajuan TIK di era sosial Tujuan 5.0 adalah mendekatkan perekonomian masyarakat dengan masyarakat masa kini. 1. Selain membaca dasar, masyarakat akan membutuhkan keterampilan lain di masa depan, termasuk pemecahan masalah, berpikir kritis, penalaran, penemuan, komunikasi, dan kerja tim, saat kita memasuki periode masyarakat 5.0. Saat ini banyak sekali sumber belajar teknologi informasi yang populer, antara lain internet, intranet, telepon seluler, CDR/Flash Disk, dan lain-lain. Model pembelajaran harus dimodifikasi agar selalu update seiring dengan semakin pesatnya perubahan perkembangan. ditimbulkan oleh kemajuan teknologi.

Referensi

Abdul Latip. (2020). Peran literasi teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956

Amalia, I. (2020). Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (tik) dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK). https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.900

Anggraeni, R., & Elan Maulani, I. (2023). Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Perkembangan Bisnis Modern. Jurnal Sosial Teknologi. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i2.635

Azizah Mutiara, V. (2020). Teknologi Informasi Komunikasi dan Perkembangannya. Teknologi Informasi Komunikasi Dan Perkembangannya.

Barkah, J. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sejarah.

Danuri, M. (2019). Perkembangan dan Transformasi Teknologi Digital. Infokam.

Dedes, K., Prasetya, A., Laksana, E. P., Ramadhani, L., & Setia, V. (2022). Peran Etika dalam Teknologi Informasi. Jurnal Inovasi Teknologi Dan Edukasi Teknik. https://doi.org/10.17977/um068v2i12022p11-19

Dewi, S. Z., & Hilman, I. (2019). Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15100

Fricticarani, A., Hayati, A., R, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi pendidikan untuk sukses di era teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI). https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1173

Hanannika, L. K., & Sukartono, S. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis TIK pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3269

Huda, I. A. (2020). Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (tik) terhadap kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK). https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622

Ismai. (2020). Teknologi Informasi dan Sistem Informasi Manajemen. In Kita menulis.

Kusumawati, K. (2023). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pendidikan. JURNAL LIMITS. https://doi.org/10.59134/jlmt.v5i1.311

Makmur, T. (2019). Teknologi informasi. Info Bibliotheca: Jurnal Perpustakaan Dan Ilmu Informasi. https://doi.org/10.24036/ib.v1i1.12

Mariana, E. (2014). Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi. In Ilmuti.Org.

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Mukhsin, M. (2020). Peranan teknologi informasi dan komunikasi menerapkan sistem informasi desa dalam publikasi informasi desa di era globalisasi. Teknokom. https://doi.org/10.31943/teknokom.v3i1.43

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616

Subarjo, A. H. (2015). Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Pendidikan. Jurnal Angkasa.

Wahyudi, H. S., & Sukmasari, M. P. (2018). Teknologi dan kehidupan masyarakat. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1). https://doi.org/10.20961/jas.v3i1.17444

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-25

Cara Mengutip

Novitasari, R. C., Saputri, J., & Sumarno, S. (2024). Peran tik dalam menciptakan pembelajaran adaptif dan berkelanjutan di era society 5.0. Jurnal Madako Education, 10(2), 61–66. https://doi.org/10.56630/jme.v10i2.1458

Terbitan

Bagian

Articles