Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus: KFC Mall Panakkukang Kota Makassar Sulawesi Selatan
DOI:
https://doi.org/10.56630/jago.v3i3.304Abstrak
Industri layanan makanan cepat saji telah berkembang pesat di seluruh Indonesia. Sejalan dengan meningkatnya tingkat konsumsi di dalam negeri, pelanggan di Indonesia semakin peduli tentang pilihan makanan mereka. Semakin banyaknya industri makanan cepat saji dan selektivitas pelanggan membuat persaingan industri makanan cepat saji menjadi semakin ketat. Untuk memenangkan persaingan, industri fast food harus memiliki keunggulan yang tercermin salah satunya dari atribut kualitas pelayanan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor faktor apa yang mempengaruhi kualitas pelayanan di KFC Mall Panakkukang Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis eksplorasi korelasional. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Pengambilan data menggunakan metode survey kuisioner sedangkan analisis data menggunakan analisis korelasi rank spearman. Hasil dalam penelitian ini mengungkapkan bahwa faktor yang paling berpengaruh adalah variabel tangible dengan nilai korelasi 0,504. Namun secara keseluruhan semua variabel kualitas pelayanan  berpengaruh signifikan terhadap konsumen konsumen Kentucky Fried Chicken (KFC) di Mall Panakkukang Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia.Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, KFC
Referensi
Amoako, G. K., Caesar, L. D., Dzogbenuku, R. K., & Bonsu, G. A. (2023). Service recovery performance and repurchase intentions: the mediation effect of service quality at KFC. Journal of Hospitality and Tourism Insights, 6(1), 110–130. https://doi.org/10.1108/JHTI-06-2021-0141
Bire, A. M. D., Fanggidae, R. P. C., & Nyoko, A. E. L. (2021). Customer Satisfaction and Quality of Service at KFC Kupang. Proceedings of the 6th International Conference on Tourism, Economics, Accounting, Management, and Social Science (TEAMS 2021), 197(Teams), 678–683. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.211124.098
H. Susanto, A. (2013). The influence of customer purchase decision on customer satisfaction. Jurnal Emba, 1(4), 1659–1666.
Jang, H. W., & Lee. (2020). Physical Environment Quality , and the Moderating. Mdpi, 9(4), 1–16.
Kastalani, Yemima, & Sularso, H. (2017). Analisis Pendapatan, Pendidikan dan Jumlah Anggota Keluarga Terhadap Pola Konsumsi Daging Ayam Broiler di Desa Sei Asam Kabupaten Kapuas. Jurnal Ilmu Hewani Tropika, 6(2), 48–51.
Nugroho, E. ., & Simamora, L. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Daging Sapi di Pasar Raya I Salatiga. 46, 134–143.
Putri, B. R. T. (2014). Manajemen Pemasaran. Liberty, Yogyakarta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sembiring, inka janita, Suharyono, & Kusumawati, A. (2020). Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi 12. Jakarta: Erlangga, 15(1), 1–10.
Setyowati, K., Murti, A. T., & Astuti, F. . (2021). Faktor Pengambilan Keputusan Pembelian Masyarakat Terhadap Produk Daging Sapi Segar Dan Produk Olahan Di Kota Wisata Batu. 6(February), 6.
Tan, Q., Oriade, A., & Fallon, P. (2014). SERVICE QUALITY AND CUSTOMER SATISFACTION IN CHINESE FAST FOOD SECTOR : A PROPOSAL FOR CFFRSERV. 2(1), 30–53.