Strategi Pengembangan Usaha Keripik Kelompok Usaha Bersama I Di Desa Ogomatanang Kabupaten Tolitoli
DOI:
https://doi.org/10.56630/jago.v4i1.480Abstract
Penentuan lokasi penelitian ditetapkan secara sengaja (purposive). Dalam hal ini dipilih dan dilaksanakan pada Kelompok Usaha Bersama I dengan pertimbangan bahwa sejak tahun 2007 telah menjalankan usahanya secara berkelanjutan hingga saat ini, tempat dan informasinya mudah diakses, serta telah memiliki sertifikat halal. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan November 2019 sampai dengan Januari 2020 dengan menggunakan metode analisis SWOT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pengembangan Usaha Keripik Di Desa Ogomatanang Kecamatan Lampasio Kabupaten Tolitoli (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha Bersama I). Data primer di kumpul dengan menggunakan metode survei dengan wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai instansi terkait. Berdasarkan hasil penelitian bahwa untuk mengembangkan Kelompok Usaha Bersama I menerapkan strategi SO (strength – opportunity) yaitu dengan menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yaitu: 1. Menjaga kualitas produk rasa yang beragam 2. Mempertahankan dan mengembangkan jaringan pemasaran. Kata Kunci : Strategi , Kelompok Usaha Bersama I, Analisis SWOT
References
Badan Pusat Statistik Kabupaten Tolitoli. 2018. Kabupaten Tolitoli Dalam Angka. Tolitoli
Badan Pusat Statistik Sulawesi Tengah. 2018. Palu Dalam Angka Palu
Badan Pusat Statistik Nasional Indonesia. 2018. Jakarta Dalam Angka Jakarta
David. 2009. Manajemen Strategis. Jakarta : Salemba Empat.
Denzig. 2006. Metode Penelitian Kualitatif Remaja Rosdakarya : Bandung
Erly Suandy. 2005. Strategi Pengembangan Agribisnis Dan Agroindustri Sub Sektor Tanaman Pangan Di Kabupaten Situbondo: fakultas pertanian universitas jember. Jurnal Pertanian Vol.5 No.3
Hafsah. 2015. Studi Kelayakan Pembangunan Pabrik Tepung Tapioka. PT. Horison Agro Industri Kabupaten Lampung Tengah Provinsi Lampung. Skripsi. Bandar Lampung
Hamel dan Prahalad. 2013. Pengembangan Budidaya Kacang Tanah dan Pendapatan Petani. ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/article/…/134. 30/07/2018
Husein Umar. 2006. Strategi Pengembangan Agribisnis diKawasan Agropolitan Kabupaten Magelang. Universitas di Ponegoro. Semarang
Jaunch dan Glueck. 2012. Strategi Pengembangan Komoditi Pertanian di Bojonegoro
Kotler dan Kevin. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga
Kotler. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga
Lestari. 2015. Analisis Kelayakan Pengembangan Usaha Keripik Bonggol Pisang Di IKM Al Barik Bantul. Universitas Gadjah Mada. Skripsi. Yogyakarta
Marinih. 2005. Pengaruh Kadar Air Terhadap Teksturdan Warna Keripik Pisang Kepok (Musa parasidiaca formatypica). Universitas Hassanudin. Skripsi. Makassar
Noor dan Idrus. 2009. Pengaruh Persepsi, Motivasi dan Hambatan Terhadap Keikutsertaan Program Kemitraan dan Kesejahteraan UKM Di Provinsi Jambi. Jurnal Aplikasi Bisnis dan manajemen (JABM) 4 (3) : 10-25
Neneng dan Siregar. 2015. Analisis Penerapan Akuntansi Pada Umkm Dikecamatan Sukajadi Provinsi Jawa Barat. Jurnal Akuntansi. 3 (2), 212 – 226.
Putri. 2012. Strategi Pengembangan Usaha Keripik Pisang Pada Industri “Flamboyan†Di Kelurahan Panau Kecamatan Tawaeli Kota Palu. Jurnal Agrotekbis 10 (3) : 30 – 38
Rangkuti. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Siregar. 2010. Deskriptif penelitian. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada
Subagyo. 2008. Analisis Kelayakan Pengembangan Usaha Keripik Bonggol Pisang Di ikm Al Barik Bantul. Universitas Gadjah Mada. Skripsi. Yogyakarta
Soekartawi. 2005. Strategi Pengembangan Agroindustri Kerupuk Terasi (Studi Kasus DiDesa Plosobuden, Deket, Lamongan). Agriekonomika1(2): 135-148
Sugiyono. 2004. Metode penelitian. Bandung : Alfabeta
Sukristono. 2011. Manajemen Strategis, Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Umar. 2008. Desain Penelitian MSDM dan Perilaku Karyawan, Seri Desain
Penelitian Bisnis – No 1. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Yunanda, M. 2009. Manajemen Usaha Pertanian. Jakarta : Rineka Cipta