Menanam Cinta Budaya: Pengenalan Tarian Tradisional Monamot Pada Siswa Sekolah Dasar di Desa Bongo, Kabupaten Buol

Penulis

  • Rosita Sinyor Universitas Madako Tolitoli
  • Rahma S. Kadir Universitas Madako Tolitoli
  • Andi Arni Universitas Madako Tolitoli
  • Anggun Retno Arianti Universitas Madako Tolitoli
  • Alan Maulana Universitas Madako Tolitoli
  • Moh. Ricky S. Langaru Universitas Madako Tolitoli

DOI:

https://doi.org/10.56630/tm.v2i2.771

Kata Kunci:

Budaya lokal; Pelestarian tradisi; Pengajaran inovatif

Abstrak

Pengenalan budaya lokal sejak usia dini merupakan langkah strategis dalam melestarikan warisan budaya sekaligus memperkuat identitas generasi muda. Artikel ini mengkaji program pengenalan budaya Kabupaten Buol kepada siswa sekolah dasar (SD) melalui pendekatan interaktif dan edukatif. Program ini dilaksanakan dalam bentuk pengenalan budaya lokal yaitu tarian Monamot. Pendekatan partisipatif yang melibatkan siswa dan guru dalam aktivitas kreatif dirancang untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan menyenangkan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan minat serta pemahaman siswa terhadap budaya Kabupaten Buol, sekaligus menumbuhkan rasa bangga terhadap identitas budaya lokal. Selain itu,  meningkatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang sejarah, gerakan, dan nilai-nilai budaya yang terkandung dalam tarian Monamot.

Referensi

Apriati, L., Mulawarman, W. G., & Ilyas, M. (2021). Pengembangan bahan ajar menyimak berbasis multimedia interaktif pada pelajaran tematik dengan tema “indahnya kebersamaan” untuk siswa kelas iv sekolah dasar. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(1), 13-22.

Arifin, A., Santoso, G., Kudori, M., & Tugiman, T. (2023). Peran Budaya dan Bahasa dalam Membentuk Identitas Diri Melalui Berkebhinekaan Global, Kreatif dan Kritis di Kelas 5. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 438-463.

Halim, A. (2022). Signifikansi dan implementasi berpikir kritis dalam proyeksi dunia pendidikan abad 21 pada tingkat sekolah dasar. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(03), 404-418.

Lestari, C. R., Fahmy, Z., Wati, M. L. K., Wagiran, W., & Subyantoro, S. (2024). Tinjauan Holistik Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di UIN Walisongo: Pendekatan Inovatif dengan Model CIPP. GERAM: Gerakan Aktif Menulis, 12(1), 179-192.

Ngazizah, N., & Laititia, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran menggunakan Komik Berbasis Budaya Lokal untuk Penguatan Karakter Sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila Jenjang SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 1258-1263.

Rizqiani, T. A. P. (2023, October). Nilai-Nilai Sosial Kesenian Kuda Lumping Masyarakat Desa Turipinggir. In Prosiding Conference on Research and Community Services (Vol. 5, No. 1, pp. 522-530).

Uno, H. B., & Mohamad, N. (2022). Belajar dengan pendekatan PAILKEM: pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif, menarik. Bumi Aksara.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-22

Cara Mengutip

Sinyor, R., Kadir, R. S., Arni, A., Arianti, A. R., Maulana, A., & Langaru, M. R. S. (2024). Menanam Cinta Budaya: Pengenalan Tarian Tradisional Monamot Pada Siswa Sekolah Dasar di Desa Bongo, Kabupaten Buol. TOLIS MENGABDI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 47–51. https://doi.org/10.56630/tm.v2i2.771

Terbitan

Bagian

Artikel