MENINGKATKAN LITERASI AKADEMIK GURU MELALUI PENGENALAN ARTIKEL JURNAL ILMIAH

Penulis

  • Saugadi Universitas Madako Tolitoli
  • Alfansyah Fathur Universitas Madako Tolitoli
  • Andhy Saputra Universitas Madako Tolitoli

DOI:

https://doi.org/10.56630/tm.v3i2.1048

Kata Kunci:

literasi akademik, guru, artikel jurnal ilmiah, pengabdian masyarakat, publikasi ilmiah

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertema “Pengenalan Artikel Jurnal Ilmiah” bertujuan untuk meningkatkan literasi akademik di kalangan guru melalui pelatihan penulisan artikel ilmiah. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh sekitar 50 guru MGMP dari Kabupaten Kotawaringin Timur. Materi mencakup struktur penulisan artikel, kaidah ilmiah, dan strategi publikasi di jurnal terakreditasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para peserta tidak hanya memperoleh pemahaman konseptual, tetapi juga keterampilan praktis dalam penulisan ilmiah. Antusiasme tinggi ditunjukkan melalui partisipasi aktif dan minat untuk memulai publikasi. Kegiatan ini membuktikan efektivitas pendekatan pelatihan untuk membangun budaya akademik di lingkungan guru serta mendorong mereka menjadi kontributor aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan melalui publikasi ilmiah.

Biografi Penulis

Alfansyah Fathur, Universitas Madako Tolitoli

Manajemen

Andhy Saputra, Universitas Madako Tolitoli

Manajemen

Referensi

Aji, R. H. S. (2008). Penelitian tindakan kelas. Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia.

Arta, K. S. (2019). Pelatihan penulisan artikel untuk publikasi di jurnal ilmiah untuk meningkatkan profesionalisme bagi guru-guru di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng. Acarya Pustaka, 5(2), 17.

Kasiyan, K., Zuhdi, B. M., Hendri, Z., Handoko, A., & Sitompul, M. (2019). Pelatihan penulisan karya ilmiah untuk peningkatan profesionalisme guru. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 47–53.

Kurniawan, H., & Hasanah, E. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Inovasi dan Kreativitas Guru di Masa Pandemi di SD Muhammadiyah Bantul Kota. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 56–66.

Kusumah, W., & Alawiyah, T. (2021). Guru Penggerak: Mendorong Gerak Maju Pendidikan Nasional. Penerbit Andi.

Pandiangan, A. P. B. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa). Deepublish.

Sidiq, U. (2018). Manajemen Madrasah. Ponorogo, Cv Nata Karya.

Supardi, R., & Armas, A. M. (2024). METODE PENULISAN KARYA ILMIAH. CV. Ruang Tentor.

Suprayitno, A. (2020). Menyusun PTK era 4.0. Deepublish.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-08

Cara Mengutip

Saugadi, Fathur, A., & Saputra, A. (2025). MENINGKATKAN LITERASI AKADEMIK GURU MELALUI PENGENALAN ARTIKEL JURNAL ILMIAH. TOLIS MENGABDI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 26–29. https://doi.org/10.56630/tm.v3i2.1048