ANALISIS PROSES MENGAJAR GURU KELAS DALAM PEMBELAJARAN LURING PADA MASA PANDEMI COVID - 19 TERHADAP SISWA TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI TOLITOLI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses mengajar guru kelas dalam pembelajaran LURING dimasa pandemi COVID-19 terhadap siswa tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Negeri Tolitoli. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, pedoman observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunujukan bahwa : (1) Keterampilan membuka dan menutup pelajaran (2) Keterampilan menjelaskan (3) Keterampilan bertanya (4) Keterampilan memberi penguatan (5) Keterampilan menggunakan media pembelajaran (6) Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil (7) Ketarampilan mengelola kelas (8) Keterampilan mengajar perorangan atau kelompok kecil. Dari delapan ketarmpilan dasar mengajar guru, tujuh di antaranya dapat dilaksanakan dengan baik sedangkan salah satu keterampilan tidak dilaksanakan yaitu keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil karena kemampuan siswa tunagrahita di bawah rata-rata siswa normal sehingga menyulitkan mereka untuk saling berdiskusi dalam suatu kelompok pembelajaran.Kata Kunci:Â Analisis Proses mengajar, COVID-19, Pembelajaran LURING.
Referensi
Burhan, B., & Saugadi, S. (2017). Peranan Guru Terhadap Mutu Pendidikan. Visipena Journal, 8(1)
Dermawan, O. (2013). Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB Psympathic. Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 886-897.
Fauzi, E.R (2020). Deteksi Dini Covid-19 Untuk Keselamatan dam Kesehatan Pekerja dengan Metode ESMDA. Seri Prosiding Seminar Nasional Dinamika Informatika ke 1 : (pp. 78-81). Yogyakarta : Universitas PGRI Yogyakarta
Hendra, J. (2012). Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Dengan Pembelajaran Matematika Realistik Pada Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(2): 213-225.
Humaira, D. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas III di SLB Sabiluna Pariaman. Jurnal P enelitian Pendidikan Khusus, 1(3). 95-109.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI). Pengertian LURING Melalui https://lektur.id/arti- LURING/[06/1/2020]
Malik, A. R., & Asnur, M. N. A. (2019). USING SOCIAL MEDIA AS A LEARNING MEDIA OF FOREIGN LANGUAGE STUDENTS IN HIGHER EDUCATION. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(2), 166-75.
Malik, A. R., Emzir, E., & Sumarni, S. (2020). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING DAN GAYA BELAJAR VISUAL TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN SISWA SMA NEGERI 1 MAROS. Visipena, 11(1), 194-207.
Malik, A. R. (2019, August). THE INFLUENCE OF INSTAGRAM AND AUDITORY LEARNING STYLE ON GERMAN LANGUAGE MASTERY IN STUDENTS OF SMAN 1 MAROS. In International Conference on Cultural Studies (Vol. 2, pp. 279-283).
Nurhayati, N. (2015). Perbedaan Pengaruh Fungsi Guru (Guru Bidang Studi dengan Guru Kelas) terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Tingkat Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 4(2), 140-149.
Pratiwi, D. A., & Kustiawan, U. (2018). Pembelajaran Toilet Training bagi Siswa Tunagrahita. Jurnal Ortopedagogia 3(2), 91-95.
Rezania, V., Nuroh, E.Z., Mariyati, L.I. (2020). Kemampuan Cognitive Apprenticeship Sebagai Bagian Dari Keterampilan Dasar Mengajar Guru. Jurnal Pendidikan 9(1), 43-52.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20. 2003. Melalui, http://hukum.unsrat.ac.id/uu/uu_20_03.htm
Undang-Undang Nomor 14. 2005. Tentang Guru Dan Dosen. Melalui, http://hukum.unsrat.ac.id/uu/uu_guru_dosen.htm[05/19/20]
Wardhani, D.T. (2012). Burnout di Kalangan Guru Pendidikan Luar Biasa di Kota Bandung. Jurnal Psikologi Undip 11(1), 71-82.
Yunianta, T.N.H., Pradhitya, R.F., Ratu, N. (2017). Profil Berpikir Geometri Siswa Tunagrahita Berdasarkan Tingkatan Van Hiele Di SMPLB Negeri Salatiga. Jurnal Matematika Kreatif- Inovatif, 8(1), 85-93.