UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI SD NEGERI 23 TOLITOLI

Penulis

  • Fajar Alamsyah Universitas Madako Tolitoli
  • Sitti Nuralan Program Studi Teknologi Pendidikan

Abstrak

Masalah penelitian ini hanya dibatasi pada masalah Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa di SD Negeri 23 Tolitoli. Berdasarkan pembatasan masalah yang telah dikemukakan diatas, maka peneliti dapat merumuskan masalah “Bagaimana Upaya Guru Pendidikan agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa di SD Negeri 23 Tolitoliâ€. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah, Untuk Mengetahui Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa di SD Negeri 23 Tolitoli. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, yaitu dengan melakukan pendekatan mengamati dan melakukan wawancara yang berhubungan dengan fokus penelitian. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam kegiatan penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan disekolah tentang Upaya Guru Penddikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa di SD Negeri 23 Tolitoli, yang berupa hasil wawancara, observasi serta dokumentasi, menunjukkan bahwa Guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 23 Tolitoli sudah berperan aktif dalam melakukan pembinaan akhlak terhadap siswa. Hal ini terlihat dari metode-metode yang dilakukan oleh guru yaitu dengan melakukan pengontrolan,dan melakukan pembinaan serta melakukan pembiasaan. Akhlak sisw di SD Negeri 23 Tolitoli di kategorikan sudah cukup baik, hal ini dapat dilihat dari proses pembinaan yang dilakukan Guru Pendidikan Agama Islam.Kata Kunci: Membina, Akhlak Siswa,Upaya Guru Agama Islam

Referensi

Asmaran. 2002. “ Pengantar Studi Akhlak †PT Raja Grafindo Persada : Jakarta

Ahmad Muhaimin Azzet. 2014. “Filsafat Pendidikan Islam Ilmu Akhlak†Bumi Aksara :Jakarta

Ahmad Marimba D. 2013.“ Pengantar Filsafat Pendidikan Islam†PT Remaja Rosdakarya: Bandung

Ahmad Beni Saebani. 2010. “ Ilmu Akhlak †Pustaka Setia : Bandung

Ahmad Tanzeh. 2009. “ Pengantar Metodologi Penelitian †Teras:Yogyakarta

Arifin.2008.“ Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini †PT Bumi Aksara : Jakarta

Arip Armai.2002.†Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan’’ Penerbit Ciputat Pers : jakarta

Abidin Nata. (2002). Akhlak Tasawuf Dan Karakter Mulia †PT Raja Grafindo Persada :

Jakarta

Bodgam Moleong. (2010). Metodologi Pendidikan Kualitatif †Remaja Rosdakarya : Bandung

Dede Rosyada. (2007). Paradigma Pendidikan Demokratis †Kencana Predana :Jakarta

Didik Suhardi. (2014). Model-model Pengajaran Dan Pembelajaran†Pustaka Abadi : Yogyakarta

Febriani. (2005).“Pengaruh Pengawasan Terhadap Efektivitas Pelajaran Izin Mendirikan â€Alfabeta : Bandung

Hardjana mangun A.(1986). “Manajemen Bimbingan

Dan Konseling Di Sekolah†PT Bumi Aksara : Jakarta

Hasbullah. (2012). “ Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan†Rajawali : Jakarta

Hamzah B Uno. (2009). “Proses Belajar Mengajar†Bumi Aksara : Jakarta

Imam Al Gazali. (2002). “Pendidikan Akhlak†Penerbit Jaya : Bandung

Jamarah D. (2004). “ Psikologi Belajar †PT Rineka Cipta : Jakarta

Unduhan

Diterbitkan

2020-07-25