UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI SD NEGERI 23 TOLITOLI
Abstrak
Masalah penelitian ini hanya dibatasi pada masalah Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa di SD Negeri 23 Tolitoli. Berdasarkan pembatasan masalah yang telah dikemukakan diatas, maka peneliti dapat merumuskan masalah “Bagaimana Upaya Guru Pendidikan agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa di SD Negeri 23 Tolitoliâ€. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah, Untuk Mengetahui Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa di SD Negeri 23 Tolitoli. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, yaitu dengan melakukan pendekatan mengamati dan melakukan wawancara yang berhubungan dengan fokus penelitian. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam kegiatan penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan disekolah tentang Upaya Guru Penddikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa di SD Negeri 23 Tolitoli, yang berupa hasil wawancara, observasi serta dokumentasi, menunjukkan bahwa Guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 23 Tolitoli sudah berperan aktif dalam melakukan pembinaan akhlak terhadap siswa. Hal ini terlihat dari metode-metode yang dilakukan oleh guru yaitu dengan melakukan pengontrolan,dan melakukan pembinaan serta melakukan pembiasaan. Akhlak sisw di SD Negeri 23 Tolitoli di kategorikan sudah cukup baik, hal ini dapat dilihat dari proses pembinaan yang dilakukan Guru Pendidikan Agama Islam.Kata Kunci: Membina, Akhlak Siswa,Upaya Guru Agama Islam
Referensi
Asmaran. 2002. “ Pengantar Studi Akhlak †PT Raja Grafindo Persada : Jakarta
Ahmad Muhaimin Azzet. 2014. “Filsafat Pendidikan Islam Ilmu Akhlak†Bumi Aksara :Jakarta
Ahmad Marimba D. 2013.“ Pengantar Filsafat Pendidikan Islam†PT Remaja Rosdakarya: Bandung
Ahmad Beni Saebani. 2010. “ Ilmu Akhlak †Pustaka Setia : Bandung
Ahmad Tanzeh. 2009. “ Pengantar Metodologi Penelitian †Teras:Yogyakarta
Arifin.2008.“ Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini †PT Bumi Aksara : Jakarta
Arip Armai.2002.†Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan’’ Penerbit Ciputat Pers : jakarta
Abidin Nata. (2002). Akhlak Tasawuf Dan Karakter Mulia †PT Raja Grafindo Persada :
Jakarta
Bodgam Moleong. (2010). Metodologi Pendidikan Kualitatif †Remaja Rosdakarya : Bandung
Dede Rosyada. (2007). Paradigma Pendidikan Demokratis †Kencana Predana :Jakarta
Didik Suhardi. (2014). Model-model Pengajaran Dan Pembelajaran†Pustaka Abadi : Yogyakarta
Febriani. (2005).“Pengaruh Pengawasan Terhadap Efektivitas Pelajaran Izin Mendirikan â€Alfabeta : Bandung
Hardjana mangun A.(1986). “Manajemen Bimbingan
Dan Konseling Di Sekolah†PT Bumi Aksara : Jakarta
Hasbullah. (2012). “ Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan†Rajawali : Jakarta
Hamzah B Uno. (2009). “Proses Belajar Mengajar†Bumi Aksara : Jakarta
Imam Al Gazali. (2002). “Pendidikan Akhlak†Penerbit Jaya : Bandung
Jamarah D. (2004). “ Psikologi Belajar †PT Rineka Cipta : Jakarta