PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBANTU MENGATASI KESULITAN BELAJAR DI SMA NEGERI 2 TAMBUN

Penulis

  • Saugadi Saugadi Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Madako Tolitoli
  • Moh Rudini Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Madako Tolitoli

Abstrak

Bimbingan dan konseling adalah proses interaksi antara konselor dengan konseli baik secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka untuk membantu konseli dalam mengatasi masalah kesulitan belajarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaiman peran guru bimbingan dan konseling dalam membantu mengatasi kesulitan belajar di SMA Negeri 2 tambun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam membantu mengatasi kesulitan belajar di SMA Negeri 2 Tambun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penelitian tentang data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk kata kata atau gambar. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan vertifikasi data. Hasil ini menunjukan bahwa peran guru bimbingan dan konseling dalam membatu mengatasi kesulitan belajar di SMA Negeri 2 tambun sudah terlakasa dengan baik. Karena sudah memenuhi indikataor sebagai penujang dalam mengatasi kesulitan belajar pada siswa yaitu peran guru BK sebagai informasi dan peran guru BK berperan dalam mengatasi kesulitan belajar pada siswa.Kata Kunci: Peran guru , Bimbingan dan konseling, Kesulitan Belajar

Referensi

Anton M. Muliono. (2013). Metodologi Penelitian: Suatu Pengantar, APTIK, Jakarta.

Bimo Walgito. (2011) Bimbingan dan Konseling. Andi Offset. Jawa Tengah

Depdikbud. (2004). Petunjuk Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling. Kurikulum SMA Dikdasen. Jakarta.

Dewa Ketut Sukardi. (2009). Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling Belajar di Sekolah. Jakarta, Rineka Cipta.

I Djumur dan Moh Surya. (2010). Bimbingan Penyuluhan di Sekolah. CV Ilmu Bandung.

Lubis. (2011). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah berbasis intelegrasi Jakarta.

Makmun,A.S. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung Rosda Karya, Jakarta.

Maleong. (2011) Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung Remaja Rodakarya

Prayitno. (2010). Analisis Masalah Belajar, Pustaka Pelajaran Yokyakarta.

Prayitno. (2013) Profesionalisme Konseling dan Pendidikan Konselor. Dirjen Dikti Jakarta.

Rochman Natawijaya. (2008). Penyuluhan Di Sekolah. Aamar. Bandung.

Sugiono. (2009) Metode Penelitian Kuntitatif dan Kualitatif. Alfabeta, Bnadung

Syamsudin. (2018). Bimbingan yang intensif. Prenada media group

Suyatna Basar Atmaja. (2010). Pengantar Kuliah Metodologi Penelitian Sosial. Bandung

Thantawy. (2008). Kamus Bimbingan dan Konseling. ESG, Jakarta.

Yupiter, 2009 Peran Guru Bimbingan dan Konseling Mengatasi Masalah Siswa di SMP NEGERI 1 Tondano, Skripsi Unima Manado

Unduhan

Diterbitkan

2020-07-25