HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 1 TAMBUN

Penulis

  • Mustakim Mustakim Universitas Madako Tolitoli
  • Sitti Nuralan Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Madako Tolitoli

Abstrak

Objek dalam penelitian ini adalahSD Negeri 1 Tambun tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitiannya siswa kelas V yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari siswa laki-laki berjumlah 10 dan siswi perempuanberjumlah 12. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat Hubungan Kecerdasan Emosional Siswa danHasil Belajar IPA dikelas V SD Negeri 1 Tambun. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakahHubungan Kecerdasan Emosional Siswa danHasil Belajar IPA dikelas V SD Negeri 1 Tambun. Manfaat dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan ilmiah dalam perkembangan ilmu pendidikan mengenai Hubungan Kecerdasan Emosional Siswa danHasil Belajar IPA dikelas V SD Negeri 1 Tambun. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuntitatif bersifat korelasi, yang berlokasi di SD Negeri 1 Tambun jln.DurianNo.29 kel.Tambun. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner danhasil belajar IPA. Instrumen pengumpulan data kuesioner dengan skala likert empat poin pada setiap jawaban. Hasil data membuktikan bahwa Kecerdasan Emosional Siswa Kelas V SDN 1 Tambun termasuk kategori sangat rendah yaitu dengan nilai Rata-rata= 51,6364 pada inteval 47-57, untuk hasil belajar IPA maka dapat dilihat dari perolehan perhitungan dimana nilai 𑟠= 0.084, dengan nilai signifikan 0.129 karena sig > 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa Kecerdasan Emosional tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar IPAKata Kunci: Kecerdasan Emosional,Hasil Belajar, IPA

Referensi

Alder, H. (2001). Boost Your intelligence: Pacu EQ dan IQ and, terj. Christina Prianingsih, Jakarta: Erlangga.

Arikunto, S. (1999). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Gay, L. R., Mills, G. E., & Airasian, P. W. (1992). Educational research: Competencies for analysis and application.

Goleman, D. (2000). Kecerdasan emosional untuk mencapai puncak prestasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Purwanto. (2009). Evaluasi hasil belajar. Pustaka Pelajar.

Riana, M. (2011). Emosi Anak Usia Dini Dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: PT. Ken-cana Prenada Media Group.

Shapiro, L. E. (2003). Mengajarkan Emotional Intelligensi Pada Anak Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Slemeto. (2009). Belajar Dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta Rineka Cipta

Sujana. (2002). Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Suryosubroto, B. (2002). Proses belajar mengajar di sekolah wawasan baru: beberapa metode pendukung dan beberapa komponen layanan khusus. PT Rineka Cipta.

Uno, H. B. (2006). Orientasi baru dalam psikologi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Waritsman, A. (2020). HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 2(1).

Unduhan

Diterbitkan

2020-07-25