MANAJEMEN WAKTU PONDOK PESANTREN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA STUDI KASUS MTS DDI SIAPO

Authors

  • Theopilus C Motoh Universitas Madako
  • Saharudin Saharudin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  manajemen waktu pondok pesantren terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan prosedur observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di MTs DDI Siapo, yang terletak di Jl. Hi. Abd. Madjied Malle Bunga Cengkeh Siapo, desa/kelurahan Lelean Nono, Kecamatan Baolan. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, satu orang Guru dan dua orang siswa di MTs DDI SIAPO. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen waktu pondok pesantren tidak berdampak terhadap hasil belajar siswa di MTs DDI Siapo, semua kegiatan siswa dalam kurun waktu dua puluh empat jam telah diatur sesuai jadwal pondok pesantren dan jadwal sekolah, dan itu tidak mempengaruhi hasil belajar siswa, selama siswa itu mematuhi peraturan yang telah ditetapkan, dan juga kemampuan guru dalam mengelolah berbagai metode pembelajaran yang menarik, membuat siswa aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.Kata Kunci: Dampak Manajemen Waktu, Hasil Belajar Siswa

References

Anwar, S. (2015). Management Of Student Development. Riau: Yayasan Indragiri.

Baharuddin, B., Sugiarti, D. Y., Aryanti, D., Rajiah, S., Nurhaeni, N., & Burhan, B. (2020). Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru di SDIT Ki Hajar Dewantoro Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Alignment: Journal of Administration and Educational Management, 3(1), 27-36.

Elfiky, I. (2019). Manajemen Waktu. Jakarta: Alo Mulyadi, Inc.

Fitriani, R. (2019). Upaya Guru Dalam Manajemen Waktu Belajar Santri di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi-Ien As-Syifa Wuryorejo Wonogiri Tahun Ajaran 2018/2019. Surakarta: IAIN Surakarta.

Irwan. (2018). Dinamika Dan Perubahan Sosial Pada Komunitas Lokal. Yogyakarta: Deepublish.

Madura, J. (2007). Pengantar Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Malik, A. R., & Asnur, M. N. A. (2019). USING SOCIAL MEDIA AS A LEARNING MEDIA OF FOREIGN LANGUAGE STUDENTS IN HIGHER EDUCATION. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(2), 166-75.

Malik, A. R., Emzir, E., & Sumarni, S. (2020). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING DAN GAYA BELAJAR VISUAL TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN SISWA SMA NEGERI 1 MAROS. Visipena, 11(1), 194-207.

Malik, A. R. (2019, August). THE INFLUENCE OF INSTAGRAM AND AUDITORY LEARNING STYLE ON GERMAN LANGUAGE MASTERY IN STUDENTS OF SMAN 1 MAROS. In International Conference on Cultural Studies (Vol. 2, pp. 279-283).

Maksum, A. (2020). Keefektifan Penerapan Kurikulum Terpadu Pada Pondok Pesantren Modern. Cirebon: Cv. Syntax Corporation Indonesia.

Muhaimin, Suti'ah, & Prabowo, S. (2011). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Novianti, Y. P. (2017). Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPS Mata Pelajaran Ekonomi MAN Kota Blitar. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Rahmawati, W. (Yogyakarta). Pengaruh Manajemen Waktu Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V di SDN Tamanagung 2 Muntilan Magelang Jawa Tengah Semester II Tahun Ajaran 2016/2017. 2017: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Sandra, K. I., & Djalali, M. A. (2013). Manajemen Waktu, Efikasi-Diri dan Prokrastinasi. Jurnal Psikologi Indonesia, 219.

Sinar. (2018). Metode Active Learning. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sunaryo. (2004). Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.

Syahputra, E. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing.

Published

2020-12-28