PROSES PEMBELAJARAN IPA DI MTS DDI SIAPO PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Nuraeni Mentari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran IPA di MTs DDI Siapo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan prosedur observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di MTs DDI Siapo. Subyek penelitian ini adalah satu orang kepala sekolah, satu orang guru mata pelajaran IPA, dan tiga orang siswa di MTs DDI Siapo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran IPA di MTs DDI Siapo dapat dilihat dari ke 2 indikator faktor intenal dan faktor eksternal terkait proses pembelajaran di masa pandemi covid-19 bahwa proses pembelajaran dilaksanakan menggunakan sistem daring dengan menggunakan aplikasi belajar diantaranya aplikasi zoom meeting, Whats up, massangger, dan lain sebagainya. Dengan proses pembelajaran dilakukan sebagaimana di era normal hanya saja perbedaannya terlatak pada masa sekarang proses pembelajaran dilakukan jarak jauh.Kata Kunci: Proses belajar, Pandemi covid-19. 

References

Burhan, B., & Saugadi, S. (2017). Peranan Guru Terhadap Mutu Pendidikan. Visipena Journal, 8(1)

Fauzi. (2020). Deteksi dini covid-19 untuk keselamatan dan kesehatan pekerja dengan metode ESMDA. In seri prosiding seminar nasional dinamika informatika, 78-81.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamzah, U. B. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hariyono, S. &. (2011). Belajar dan pembelajaran. bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ibrahim. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Malik, A. R., & Asnur, M. N. A. (2019). USING SOCIAL MEDIA AS A LEARNING MEDIA OF FOREIGN LANGUAGE STUDENTS IN HIGHER EDUCATION. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(2), 166-75.

Malik, A. R., Emzir, E., & Sumarni, S. (2020). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING DAN GAYA BELAJAR VISUAL TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN SISWA SMA NEGERI 1 MAROS. Visipena, 11(1), 194-207.

Malik, A. R. (2019, August). THE INFLUENCE OF INSTAGRAM AND AUDITORY LEARNING STYLE ON GERMAN LANGUAGE MASTERY IN STUDENTS OF SMAN 1 MAROS. In International Conference on Cultural Studies (Vol. 2, pp. 279-283).

Ni lu pt. Yanti Pratiwi, I. k. (2015). Analisis proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran ipa dan dampaknya terhadap hasil belajar. e-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 1-11.

Puspasari, V. (n.d.). Kelayakan Multimedia Interaktif Berbasis Scientific Approach Pada Pembelajaran IPA. Universitas islam Negeri Raden Intan Lampung, 1-7.

Samatowa, U. (2010). pembelajaran IPA di sekolah dasar. jakarta: PT. Indeks.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Surat edaran Nomor 4 tahun 2020. tentang pelaksanaan kebijakan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (covid-19).

Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Syofyan, H. (2016). Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran IPA Mahasiswa PGSD. Jurnal Pendidikan Dasar, 1-10.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP. jakarta: Bumi Aksara.

Published

2020-12-28