KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MA MADINATUL ILMI DDI SIAPO

Authors

  • Arsyil Waritsman Universitas Madako
  • Hastina R Universitas Madako

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru dalam mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Madinatul Ilmi DDI Siapo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang berlokasi di Ma Madinatul Ilmi DDI Siapo Jln. Hi. Abd. Madjied Malle Bunga Cengkeh Siapo. Teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi, wawancara dan  dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Serta teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sudah berjalan dengan baik hal ini terlihat dalam kreativitas seorang guru dalam memotivasi siswa terlebih dahulu sebelum menyampaikan materi dalam proses pembelajaran serta siswa juga dituntut untuk berfikir secara kreatif dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru. Faktor pendukung di Ma Madinatul Ilmi DDI Siapo sangat memotivasi peserta didik dalam pembelajaran karena guru memberikan abresiasi atau pujian sehingga siswa lebih aktif di dalam kelas. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya fasilitas di sekolah sehingga mengakibatkan siswa tersebut malas atau lambat dalam mengerjakan tugas.Kata Kunci: Kreativitas Guru, Motivasi Belajar Siswa.

References

Alhamid, T., & Anufia, B. (2020, Agustus Kamis). Instrumen pengumpulan data. p. https://osf.io/s3kr6/download.

Burhan, B., & Saugadi, S. (2017). Peranan Guru Terhadap Mutu Pendidikan. Visipena Journal, 8(1).

Darman, F. (2007). Undang-undang republik indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional dan undang-undang republik indonesia nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. jakarta selatan: (KDT).

Iryana, & Kawasati, R. (2020, Agustus Kamis). Teknik pengumpulan data. p. https://osf.io/cy9de/download/?format=pdf.

Ismaniar, & Hazizah, N. (2018). buku ajar pelatihan kreativitas deu-coupage bagi pendidik paud. padang: jurusan pendidikan luar sekolah fakultas ilmu pendidikan universitas negeri padang .

Kompri. (2016). MOTIVASI PEMBELAJARAN PERSPEKTIF GURU DAN SISWA. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Lestari, E. T. (2020). Cara praktis meningkatkan motivasi siswa sekolah dasar. Yogyakarta: Grup penerbitan CV BUDI UTAMA .

Malik, A. R., & Asnur, M. N. A. (2019). USING SOCIAL MEDIA AS A LEARNING MEDIA OF FOREIGN LANGUAGE STUDENTS IN HIGHER EDUCATION. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(2), 166-75.

Malik, A. R., Emzir, E., & Sumarni, S. (2020). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING DAN GAYA BELAJAR VISUAL TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN SISWA SMA NEGERI 1 MAROS. Visipena, 11(1), 194-207.

Malik, A. R. (2019, August). THE INFLUENCE OF INSTAGRAM AND AUDITORY LEARNING STYLE ON GERMAN LANGUAGE MASTERY IN STUDENTS OF SMAN 1 MAROS. In International Conference on Cultural Studies (Vol. 2, pp. 279-283).

pendidikan, g. (2019, 11 27). guru pendidikan.com. Retrieved 03 18, 2020, from metode penelitian kualitatif: https://www.gurupendidikan.co.id/metode-penelitian/kualitatif/

Prastiyo, F. (2019). Peningkatan hasil belajar peserta didik dengan model kooperatif jigsaw pada materi pecahan di kelas V sdn sepanjang 2. surakarta: CV KEKATA GROUP.

Puabengga, S. (2015). Kreativitas Guru Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Gorontalo. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Sardiman. (2011). INTERAKSI & MOTIVASI BELAJAR MENGAJAR. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sholikah, R. (2017). Kreativitas Guru Dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. Tulungagung: Institut Agama Islam Negeri (Iain) Tulungagung.

supriati, & zahroh, l. n. (2017, maret jumat). supriatiku.blogspot.com. Retrieved agustus senin, 2020, from metode-dan-prosedur-penelitian.html: https://supriatiku.blogspot.com/2017/03/metode-dan-prosedur-penelitian.html?m=1

Tanujaya, C. (2017). Perancangan standart operational procedure produki pada perusahaan coffeein. manajemen dan start-up bisnis, https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/viewfile/441/394.

Waluyo, E. (2013). Pengaruh Kreativitas Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan Sleman. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Wardan, K. (2019). Guru sebagai profesi. Yogyakarta: DEEPUBLIH (Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA ).

Published

2020-12-28