ANALISIS MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN GURU MASA PANDEMI COVID-19 SDN 2 BAJUGAN

Theopilus C Motoh

Sari


Penelitian ini berlatar belakang adanya penyakit virus COVID – 19 serta tugas kepala sekolah dalam mengoganisasikan kedisiplinan guru pada kegiatan sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian kepala sekolah dan wali kelas 1 sampai 6 di SDN 2 Bajugan. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi dan tehnik analisis data mereduksi data,penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kepala sekolah SDN 2 Bajugan sebagai seorang manajerial melakukan tugasnya dengan mengorganisasisan kedisiplinan guru telah terlaksanah dengan baik, di antaranya : 1. Barpakaian seragam senin-selasa dinas/keki, rabu hitam putih, kamis-sabtu batik, jum’at pakaian olahraga. 2. Datang tepat waktu jam 08.00 wita dan pulang jam 12.00 wita, absen guru menunjukkan 11 guru kehadiran baik, 3 guru kehadiran guru kurang baik. 3. Mengisi daftar hadir siswa melihat absen siswa kelas 6 menunjukkan 11 siswa kehadiran baik, 13 siswa kehadiran kurang baik. 4. Mengajar sesuai jadwal masih di lakukan di lihat dari pembagian tugas kerja 8 guru wali kelas, 2 guru tenaga admin. 1 guru pai, 1 guru penjas, dan 1 guru penjaga sekolah. 5. Memberikan evaluasi dengan mengumpulkan hasil kegiatan pembelajaran pada lembar tugas siswa dan dokumentasi kegiatan pembelajaran.


Kata Kunci: Kedisiplinan Guru, Manajerial Kepala Sekolah, COVID-19


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alang, S. (2016). Pengaruh Manajerial Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Di Smp Negeri 169 Pegadungan Kalideres Jakarta Barat. Journal Of Economics And Business Aseanomics (JEBA).

Andesmiyanti, I., & Juarsa, O. (2019). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana.

Anggraeni, A. D. (2017). Pengaruh Prestasi Atas Kemampuan Manajerial Kelapa Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Kependidikan.

Ariyanti, Y. (2019). Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis.

Darmadi. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Kekepalasekolahan "Melejitkan Produktivitas Kerja Kepala Sekolah Dan Faktor-Faktor Yang Memengaruhi". Yogyakarta: Cv Budi Utama.

Darmawan, D. (2016). Hubungan Antara Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Dengan Kinerja Guru Satuan Unit Pendidikan Di Perguruan Darul Ma'arif, Cipete Selatan. Jurnal Sekretari.

Darwis, A., Malik, A. R., Burhan, B., & Marto, H. (2020). Studi Kasus Teman Sebaya Dalam Pembentukan Gaya Hidup Siswa. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial-Humaniora, 3(2), 150-160.

Eros, E. (2014). Pengaruh Motivasi Dan Kedisiplinan Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Di Smp Negeri Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Jurnal Administrasi Publik Dan Birokrasi.

Ibrahim. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Idris, M. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Mahara, R., Harun, C. Z., & Usman, N. (2017). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Pada Man Pagasing Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan.

Malik, A. R., & Asnur, M. N. A. (2019). USING SOCIAL MEDIA AS A LEARNING MEDIA OF FOREIGN LANGUAGE STUDENTS IN HIGHER EDUCATION. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(2), 166-75.

Malik, A. R., Emzir, E., & Sumarni, S. (2020). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING DAN GAYA BELAJAR VISUAL TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN SISWA SMA NEGERI 1 MAROS. Visipena, 11(1), 194-207.

Malik, A. R. (2019, August). THE INFLUENCE OF INSTAGRAM AND AUDITORY LEARNING STYLE ON GERMAN LANGUAGE MASTERY IN STUDENTS OF SMAN 1 MAROS. In International Conference on Cultural Studies (Vol. 2, pp. 279-283).

Marzuki, M., & Malik, A. R. (2021). Kesulitan Guru Bahasa Inggris Dalam Menggunakan E-Learning Selama Pandemi COVID-19. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 4(2), 127-146.

Mawaddatullin, N. (2017). Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Negeri Gugus Ii Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Ilmu Profesi Pendidikan.

Ngiode, S. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Mts.N Batudaa Kabupaten Gorontalo. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Nurussalami. (2015). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Mtsn Tungkop. Jurnal Ilmiah Circuit.

Paoji, A. M. (2017). Membina Kedisiplinan Gurudalam Melaksanakan Tugasnya Sebagai Agen Pembelajaran Melalui Supervisi Akademikdi Ma Arif Kabupaten Garut. Jurnal Ilmiah Indonesia-Issn.

Puspitasari, N. (2015). Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Study Kasus Smk Batik 1 Surakarta). Jurnal Informa Politeknik Indonusa Surakarta Issn.

Saugadi, S., Malik, A. R., & Burhan, B. (2021). Analisis Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Siswa. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 4(2), 118-126.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Werang , B. R. (2012). Hubungan Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, Dan Moral Kerja Guru Dengan Kinerja Guru Sma Negeri Di Kota Marauke. Jurnal Aplikasi Manajemen.

Widodo, H. (2017). Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah (Studi Kasus Di Sd Muhammadiyah Ambarketawang 3 Gamping Sleman). Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 2.

Yogaswara, A. (2010). Kontribusi Manajerial Kepala Sekolah Dan Sistem Informasi Kepegawaian Terhadap Kinerja Mengajar Guru . Jurnal Penelitian Pendidikan.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.