EFEKTIVITAS BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA DI SDN LUOK MANIPI

Penulis

  • Dini Madako Tolitoli
  • Hamna Universitas Madako Tolitoli
  • Moh Rudini Universitas Madako Tolitoli

DOI:

https://doi.org/10.2001/makapande.v1i1.1279

Kata Kunci:

Bimbingan belajar, motivasi, peningkatan semangat belajar

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis sejauh mana bimbingan belajar mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan semangat belajar siswa. Penelitian ini di latarbelakangi oleh kondisi sebagian siswa yang kurang bersemangat dala  belajar akibat kesulitan memahami materi, lemahnya motivasi internal, serta kebiasaan belajar yang tidak teratur. Metode penelitian yang di gunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari siswa yang mengikuti program  bimbingan belajar. Data di kumpulkan melalui teknik observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan nahwa bimbingan belajar berkontribusi signifikan dalam menumbuhkan semangat belajar, yang di tandai dengan meningkatnya keterlibatan siswa, motivasi belajar, disiplin, rasa percaya diri, serta hasil akademik. Oleh karena itu bimbingan belajar dapat dianggap sebagai salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

Biografi Penulis

Hamna, Universitas Madako Tolitoli

Program Studi PGSD

Moh Rudini, Universitas Madako Tolitoli

Program Studi PGSD

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-07

Cara Mengutip

Dini, Hamna, & Rudini, M. (2025). EFEKTIVITAS BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA DI SDN LUOK MANIPI. Makapande Mengabdi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 9–12. https://doi.org/10.2001/makapande.v1i1.1279

Terbitan

Bagian

Artikel