OPTIMALISASI LITERASI DAN NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR DI DESA BALAROA KABUPATEN TOLITOLI
DOI:
https://doi.org/10.2001/makapande.v1i1.1271Kata Kunci:
Literasi dan Numerasi, Bimbingan Belajar, Desa BalaroaAbstrak
Rendahnya kemampuan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar di Desa Balaroa menjadi tantangan dalam peningkatan kualitas pendidikan. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa melalui kegiatan bimbingan belajar yang dilakukan secara rutin dan terstruktur. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi tindakan. Subjek dalam kegiatan ini adalah siswa SD kelas rendah dan kelas tinggi yang mengalami kesulitan dalam membaca, menulis, dan berhitung. Kegiatan bimbingan belajar dilakukan dua kali seminggu selama dua bulan, dengan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman, menulis sederhana, dan keterampilan berhitung dasar. Selain itu, siswa menunjukkan peningkatan motivasi belajar dan rasa percaya diri dalam menyelesaikan soal-soal literasi dan numerasi. Bimbingan belajar terbukti efektif sebagai strategi pendampingan di luar jam sekolah dalam membantu siswa mengatasi kesulitan belajar. Program ini juga mendapat respon positif dari orang tua dan guru setempat. Dengan demikian, bimbingan belajar dapat menjadi solusi alternatif untuk meningkatkan kemampuan dasar siswa di daerah dengan keterbatasan akses pendidikan tambahan.
Referensi
Aisyah, S. (2015). Perkembangan peserta didik dan bimbingan belajar. Deepublish.
Apriansyah, A., Hudri, M., Mardiya, E. A., Mardiana, M., Fitri, N., Puspita, N., & Anas, S. (2025). BIMBINGAN BELAJAR SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN LITERASI & NUMERASI SISWA KELAS RENDAH DI SDN 1 DANE RASE. Jurnal Warta Desa (JWD), 7(1), 18–25.
Atuhurra, J., & Kaffenberger, M. (2022). Measuring education system coherence: Alignment of curriculum standards, examinations, and teacher instruction in Tanzania and Uganda. International Journal of Educational Development, 92(May), 102598. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2022.102598
Burhan, Mirayanti, Marzuki, Saugadi, & Rusdin, D. (2024). Redefining rural education: exploring EFL teachers’ perceptions and recommendations for enhanced human resource management practices. Cogent Education, 11(1), 2317503. https://doi.org/10.1080/2331186X.2024.2317503
Cahyani, A. D., Yulianingsih, W., & Roesminingsih, M. (2021). Sinergi antara Orang Tua dan Pendidik dalam Pendampingan Belajar Anak selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1054–1069. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1130
Darmayanti, N. W., Sueca, I. N., Utami, L. S., & Sari, N. (2020). Pendampingan bimbingan belajar di rumah bagi siswa sd dusun buruan tampaksiring untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(2), 207.
Fajriyah, E. (2022). Kemampuan literasi numerasi siswa pada pembelajaran matematika di Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 4, 403–409.
Fauziyah, N., Adillah, I., Yunitasari, L., Varisah, V. P., Renaldy, A. F., & Nufaisa, N. (2024). PENDAMPINGAN KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR BERBASIS LITERASI DAN NUMERASI DI SDN SANGANOM 1 DAN 2 KABUPATEN PASURUAN. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(3), 935–949.
Noerbella, D. (2022). Implementasi program kampus mengajar angkatan 2 dalam meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi peserta didik. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 480–489. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2087
OECD. (2018). PISA 2018 (Results: Whats student know and can do). In OECD Publishing (Vol. 1, Issue 1). OECD Publishing.
Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik siswa kelas atas sekolah dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9–15.
Pratiwi, A. D., Nugroho, A. A., Setiawati, R. D., & Ragarjo, S. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri Tlogosari 01 Semarang. 6(024), 2615–6598.
Priasti, S. N., & Suyatno, S. (2021). Penerapan pendidikan karakter gemar membaca melalui program literasi di sekolah dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 395–407. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3211
Rachman, B. A., Firdaus, F. S., Mufidah, N. L., Sadiyah, H., & Sari, I. N. (2021). Peningkatan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik melalui program kampus mengajar angkatan 2. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535–1541.
Rakhmawati, Y., & Mustadi, A. (2022). The circumstances of literacy numeracy skill: Between notion and fact from elementary school students. Jurnal Prima Edukasia, 10(1), 9–18.
Santoso, A., & Rusmawati, Y. (2019). Pendampingan belajar siswa di rumah melalui kegiatan bimbingan belajar di Desa Guci Karanggeneng Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(02).
Saugadi, Rudini, M., & Mantouw, E. D. M. (2020). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Membantu Mengatasi Kesulitan Belajar Di Sma Negeri 2 Tambun. Digilib.Uin-Suka.Ac.Id, 1(1), 10–14.








