PEMBERDAYAAN GURU MELALUI PELATIHAN TEKNOLOGI TEACHY AI UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INTERAKTIF
Kata Kunci:
Teachy AI, kecerdasan buatan, pembelajaran interaktif, pemberdayaanAbstrak
Kemajuan teknologi digital telah melahirkan transformasi substansial dalam bidang pendidikan, salah satu transformasi tersebut adalah pemanfaatan kecerdasan buatan (kecerdasan buatan/AI) yang memiliki kemampuan untuk memberikan pengalaman belajar interaktif, adaptif, dan dipersonalisasi. Namun demikian, kenyataan yang berlaku adalah bahwa banyak pendidik terus menghadapi kendala dalam penggabungan teknologi AI ke dalam proses pendidikan, terutama disebabkan oleh literasi digital yang tidak memadai dan peluang pelatihan yang terbatas. Inisiatif keterlibatan komunitas ini bercita-cita untuk memberdayakan dan meningkatkan kompetensi pendidik dalam domain teknologi pembelajaran melalui lokakarya pelatihan komprehensif yang berfokus pada penerapan Teachy AI, platform berbasis AI yang dibuat dengan cermat untuk memfasilitasi proses belajar-mengajar. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dalam format lokakarya dengan partisipasi sepuluh individu, yang terdiri baik guru maupun mahasiswa. Hasil dari kegiatan ini mengungkapkan peningkatan penting dalam pemahaman dan keterampilan para pendidik, dapat diamati dari perspektif kognitif dan praktis, sebagaimana dibuktikan oleh analisis komparatif skor pra-tes dan pasca-tes. Instruktur yang sebelumnya hanya berkenalan dengan alat AI umum seperti ChatGPT atau CanvaAI, setelah pelatihan, telah memperoleh kemahiran untuk memanfaatkan Teachy AI untuk pembuatan media pendidikan interaktif, pengurangan beban administrasi, dan peningkatan kualitas keterlibatan dengan siswa.
Referensi
Aini, H., Suandi, N., & Nurjaya, G. (2018). Pemberian penguatan (reinforcement) verbal dan nonverbal guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII MTsN Seririt. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(1), 23–32. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i1.20246
Al Fadillah, Y., & Akbar, A. R. (2024). Strategi desain pembelajaran adaptif untuk meningkatkan pengalaman belajar di era digital. Jurnal Pendidikan Sains Dan Teknologi Terapan| E-ISSN: 3031-7983, 1(4), 354–362. https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jpst/article/view/420
Arribathi, A. H., Saryani, S., & Haris, H. (2019). Perancangan aplikasi smart seminar dan workshop berbasis website. Journal Cerita, 5(2), 156–164. https://doi.org/10.33050/cerita.v5i2.409
Jafarian, N. R., & Kramer, A. W. (2025). AI-assisted audio-learning improves academic achievement through motivation and reading engagement. Computers and Education: Artificial Intelligence, 8(5), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2024.100357
Muchlis, M. (2025). Penggunaan artificial intelligence (ai) dalam pembelajaran pendidikan agama islam: Manfaat dan tantangan. Kreatif: Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 23(1), 100–109. https://doi.org/10.52266/kreatif.v23i1.3518
Nashrullah, M., Rahman, S., Majid, A., & Hariyati, N. (2025). Transformasi digital dalam pendidikan Indonesia: Analisis kebijakan dan implikasinya terhadap kualitas pembelajaran. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 52–59. https://doi.org/10.55352/mudir.v7i1.1290
Peliza, R. (2024). Penerapan teknologi artificial intelligence (Ai) terhadap peningkatan efektivitas pembelajaran mahasiswa. Prosiding Fakultas Ushulludin Adab Dan Dakwah, 2(1), 82–95. https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/pik/article/view/3774
Rissi, A. R. Y., & Sinaga, D. (2025). AI dan pembelajaran mendalam (deep learning): Meningkatkan kualitas pendidikan di era digital. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(4), 10–23. https://doi.org/10.37329/cetta.v8i4.4386
Rodhiyana, M., Zahra, N. A., & Maysaroh, F. (2025). Peran strategis guru dalam pendidikan dan masyarakat: Tantangan dan inovasi di era digital. Spektra: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1), 202–220. https://doi.org/10.34005/spektra.v7i1.4574
Soegiarto, I., Hasnah, S., Annas, A. N., Sundari, S., & Dhaniswara, E. (2023). Inovasi pembelajaran berbasis teknologi artificial intelligences (AI) pada sekolah kedinasan di era revolusi industri 4.0 dan society 5. O. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 10546–10555. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/6132
Sugiarso, B. A., Lumenta, A. S. M., & Pratasis, P. A. K. (2024). Pelatihan dan pendampingan pemanfaatan tools artificial intelligence untuk guru. Aspirasi, 2(6), 267–278. https://doi.org/10.61132/aspirasi.v2i6.1187
Sumartono, S., Sumartono, W. A. P., & Rafsanjani, W. A. H. (2025). Transforming education: The impact of artificial intelligence on learning and pedagogical practices. 12(1), 75–84. https://doi.org/10.25139/eckll.v12i1.9605
Sutarman, A., Wardipa, I. G. P., & Mahri, M. (2019). Penguatan peran guru di era digital melalui program pembelajaran inspiratif. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 229–238. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2097








