MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN SUGGESTOPEDIA PADA SISWA SDN 26 TOLITOLI

Authors

  • Moh Rudini Universitas Madako Tolitoli

DOI:

https://doi.org/10.56630/jme.v9i1.461

Keywords:

Hasil Belajar IPAS, Strategi Pembelajaran, Suggestopedia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan strategi pembelajaran Suggestopedia dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 26 Tolitoli. Penelitian ini bertujuan untuk  meningkatkan  hasil  belajar  IPAS  murid  kelas  V SDN 26 Tolitoli melalui strategi pembelajaran Suggestopedia. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan . prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas V SDN 26 Tolitoli berjumlah 26 orang, dengan rincian 15 murid laki-laki dan 13 murid perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus  I nilai rata-rata hasil belajar murid sebesar 65,45 berada dalam kategori sedang pada siklus I, kemudian meningkat menjad i 87,50 dalam kategori tinggi pada siklus II. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu penerapan Strategi pembelajaran Suggestopedia dalam pembelajaran IPAS dapat meningkatkan hasil belajar murid kelas V SDN 26 Tolitoli. Berdasarkan  hasil  penelitian  tersebut  diatas,  dapat  disimpulkan  hasil belajar IPAS murid kelas V SDN 26 Tolitoli melalui strategi pembelajaran Suggestopedia mengalami peningkatan.

Author Biography

Moh Rudini, Universitas Madako Tolitoli

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Agung, N. (2020). Peningkatan kemampuan debat bahasa arab mahasiswa melalui metode suggestopedia. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 2(1), 19–29. https://doi.org/10.47435/naskhi.v2i1.288

Alhamed, M., & Al-Jaf, A. I. H. M. (2022). Impact of the Modern-day Suggestopedia Approach in Pedagogy and Learning the English Language Skills: Writing and Speaking as a Sample in Wasit School of Excellence in 2022. International Journal of Linguistics, Literature and Translation, 5(4). https://doi.org/10.32996/ijllt.2022.5.4.21

Antari, P. L., Widiana, I. W., & Wibawa, I. M. C. (2023). Modul Elektronik Berbasis Project Based Learning Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 266–275. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60236

Labib, A. (2022). Peningkatan pembelajaran mahasiswa menggunakan metode suggestopedia dalam pembelajaran bahasa arab. Istifkar: Media Transformasi Pendidikan, 2(2), 129–146. https://doi.org/10.62509/ji.v2i2.63

Pandini, I., Unaenah, E., & Muttaqijn, I. (2019). Pengaruh model pembelajaran suggestopedia terhadap keterampilan berpikir induktif ipa kelas iv sdn karang tengah 12 kota tangerang. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(1). https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i1.2570

Pujasari, Y., & Rahayu, W. W. (2018). Penggunaan multimedia interaktif melalui metode “suggestopedia” terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dalam pelajaran bahasa inggris. PEDAGOGIA, 16(1), 80. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i1.10900

Rudini, M., & Saputra, A. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis TIK Masa Pandemi Covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 841–852. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.841-852.2022

Rustan, E., & Bahru, M. S. (2018). Penguatan Self Confidence dalam Pembelajaran Matematika melalui Metode Suggestopedia. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i1.282

Suyadi, S. (2021). Suggestopedia Method Effect On Reading Descriptive Text at A Senior High School. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(2). https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i2.1483

Published

2023-06-29

How to Cite

Rudini, M. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN SUGGESTOPEDIA PADA SISWA SDN 26 TOLITOLI. Jurnal Madako Education, 9(1), 1–6. https://doi.org/10.56630/jme.v9i1.461

Issue

Section

Articles