MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN SUGGESTOPEDIA PADA SISWA SDN 26 TOLITOLI
DOI:
https://doi.org/10.56630/jme.v9i1.461Keywords:
Hasil Belajar IPAS, Strategi Pembelajaran, SuggestopediaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan strategi pembelajaran Suggestopedia dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 26 Tolitoli. Penelitian ini bertujuan untuk  meningkatkan hasil  belajar  IPAS murid  kelas  V SDN 26 Tolitoli melalui strategi pembelajaran Suggestopedia. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan . prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas V SDN 26 Tolitoli berjumlah 26 orang, dengan rincian 15 murid laki-laki dan 13 murid perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar murid sebesar 65,45 berada dalam kategori sedang pada siklus I, kemudian meningkat menjad i 87,50 dalam kategori tinggi pada siklus II. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu penerapan Strategi pembelajaran Suggestopedia dalam pembelajaran IPAS dapat meningkatkan hasil belajar murid kelas V SDN 26 Tolitoli. Berdasarkan hasil  penelitian tersebut  diatas,  dapat  disimpulkan hasil belajar IPAS murid kelas V SDN 26 Tolitoli melalui strategi pembelajaran Suggestopedia mengalami peningkatan.
References
Agung, N. (2020). Peningkatan kemampuan debat bahasa arab mahasiswa melalui metode suggestopedia. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 2(1), 19–29. https://doi.org/10.47435/naskhi.v2i1.288
Alhamed, M., & Al-Jaf, A. I. H. M. (2022). Impact of the Modern-day Suggestopedia Approach in Pedagogy and Learning the English Language Skills: Writing and Speaking as a Sample in Wasit School of Excellence in 2022. International Journal of Linguistics, Literature and Translation, 5(4). https://doi.org/10.32996/ijllt.2022.5.4.21
Antari, P. L., Widiana, I. W., & Wibawa, I. M. C. (2023). Modul Elektronik Berbasis Project Based Learning Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 266–275. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60236
Labib, A. (2022). Peningkatan pembelajaran mahasiswa menggunakan metode suggestopedia dalam pembelajaran bahasa arab. Istifkar: Media Transformasi Pendidikan, 2(2), 129–146. https://doi.org/10.62509/ji.v2i2.63
Pandini, I., Unaenah, E., & Muttaqijn, I. (2019). Pengaruh model pembelajaran suggestopedia terhadap keterampilan berpikir induktif ipa kelas iv sdn karang tengah 12 kota tangerang. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(1). https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i1.2570
Pujasari, Y., & Rahayu, W. W. (2018). Penggunaan multimedia interaktif melalui metode “suggestopedia” terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dalam pelajaran bahasa inggris. PEDAGOGIA, 16(1), 80. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i1.10900
Rudini, M., & Saputra, A. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis TIK Masa Pandemi Covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 841–852. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.841-852.2022
Rustan, E., & Bahru, M. S. (2018). Penguatan Self Confidence dalam Pembelajaran Matematika melalui Metode Suggestopedia. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i1.282
Suyadi, S. (2021). Suggestopedia Method Effect On Reading Descriptive Text at A Senior High School. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(2). https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i2.1483





