Studi kepustakaan tentang paradigma manajemen mutu edward deming dalam dunia pendidikan modern
DOI:
https://doi.org/10.56630/jme.v10i2.1463Kata Kunci:
Paradigma Manajemen, Mutu Edward Deming, Dunia Pendidikan ModernAbstrak
Pendidikan merupakan suatu proses pembelajaran yang dilakukan bagi peserta didik agar memiliki pemahaman terhadap sesuatu dan menjadikan mereka pribadi yang kritis dalam berpikir dan bertindak. Pendidikan juga merupakan upaya penyadaran yang dilakukan secara sistematis dalam menciptakan suasana belajar mengajar agar peserta didik dapat mengembangkan potensi dirinya. Dengan pendidikan, seseorang dapat memiliki kecerdasan, akhlak mulia, kepribadian, kekuatan spiritual, serta keterampilan yang bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat. Untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu diperlukan manajemen mutu yang terpadu sehingga mampu mengatur dengan baik penyelenggaraan pendidikan secara tertib, sistematis dan logis. Manajemen kualitas adalah sebuah fenomena. Budaya yang berkembang yang mendukung seni dan kerajinan memungkinkan pembeli untuk memilih barang dengan standar kualitas yang lebih tinggi dari barang biasa.
Referensi
Badrudin, B., Setiana, R., Fauziyyah, S., & Ramdani, S. (2024). Standarisasi Pendidikan Nasional. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1797–1808. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3962
Basri, M. (2011). Budaya Mutu Dalam Pelayanan Pendidikan. Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(2). https://doi.org/10.26618/ojip.v1i2.25
Budiarti, E. M., & Pambudi, B. A. (2022). Pengembangan Diagram Ishikawa Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Sekolah. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 6(2), 149–160. https://doi.org/10.26740/jdmp.v6n2.p149-160
Chaeriah MM, E. S. (2016). Manajemen berbasis mutu. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 4(2). https://doi.org/10.35137/jmbk.v4i2.45
Husna Nashihin, Nazid Mafaza, & M.Okky Haryana. (2021). Implementasi total quality management (tqm) perspektif teori edward deming, juran, dan crosby. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 50–60. https://doi.org/10.51468/jpi.v3i1.60
Mahmud, M. E. (2018). Motif Penyelenggaraan Pendidikan Islam Dan Implikasinya Pada Pola Manajemen Dan Kepemimpinan. Dinamika Ilmu, 12(2), 1–18. https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/dinamika_ilmu/article/view/60
Mahmud, M. E., & Suratman, S. (2019). Evaluasi program manajemen pembelajaran pada sekolah adiwiyata kalimantan timur. Al-tanzim : jurnal manajemen pendidikan islam, 3(2), 85–96. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i2.691
Majidah, R. (2021). Implementasi Konsep Total Quality Management (TQM) William Edward Deming dalam Pengembangan Mutu Peserta Didik Program Pembelajaran Intensive Science …. Tarbiyat Al-Aulad: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia …, 6(1), 71–98. https://www.riset-iaid.net/index.php/TA/article/view/711
Sirojudin, D., & Al Ghozali, M. D. H. (2024). Kontribusi mutu pendidikan william. Edward deming dalam mengembangkan konsep total quality management. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 7(2), 32–40. https://doi.org/10.32764/eduscope.v7i2.2258
Syafii, A., Bahar, B., Shobicah, S., & Muharam, A. (2023). Pengukuran Indeks Mutu Pendidikan Berbasis Standar Nasional. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(7), 1697–1701. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i7.332
Wahyu Purwasih, & Ahmad Sahnan. (2022). Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Dasar Melalui Manajemen Sarana dan Prasarana. Madako Elementary School, 1(2), 99–117. https://doi.org/10.56630/mes.v1i2.51





