Transformasi digital tata usaha sekolah: strategi pengelolaan administrasi berbasis teknologi informasi

Penulis

  • Mila Rosita Manhaj Salaf
  • Chyntiya Dewiy Elviera Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.56630/jme.v11i1.1455

Kata Kunci:

Administrasi Sekolah, Teknologi Informasi, Tata Usaha, Digitalisasi

Abstrak

Jurnal ini membahas pengembangan administrasi sekolah berbasis komputer dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi sebagai upaya modernisasi tata kelola pendidikan. Administrasi sekolah memiliki peran krusial sebagai ujung tombak pelayanan dalam suatu yayasan pendidikan, baik dalam aspek internal maupun eksternal. Meskipun administrasi merupakan unit yang sangat penting dalam mendukung aktivitas kelembagaan, kenyataannya kinerja tenaga tata usaha masih kurang optimal dalam memberikan layanan secara efektif dan efisien. Kondisi ini menunjukkan adanya kebutuhan akan sistem administrasi berbasis teknologi informasi yang mampu meningkatkan produktivitas, akurasi data, serta kualitas layanan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengulas implementasi dan efektivitas sistem administrasi berbasis teknologi informasi dalam meningkatkan kinerja tata usaha sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui observasi langsung terhadap kondisi nyata di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknologi informasi dalam administrasi sekolah dapat mempercepat proses pelayanan, meningkatkan akurasi pengelolaan data, serta mendukung transparansi dan akuntabilitas dalam manajemen pendidikan.

Referensi

Aulia, N., & Umar, A. (2022). Peran Tata Usaha dalam Pengelolaan Arsip. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 11(1), 9. https://doi.org/10.24036/jbmp.v11i1.116087

Elviera, C. D., Irawan, D., & Syafrina, D. N. (2019). Pengembangan Tata Usaha Sekolah Berbasis Teknologi Informasi. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.30743/mkd.v3i1.676

Hermansyah, & Dewi, desy eka citra. (2024). Peran Tata Usaha dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Penarik. Of Social Science Research, 4(1), 8331–8338.

Jamil, F. R., Ramli, A., & Sudadi, S. (2023). Konsep Dasar Administrasi Pendidikan, Fungsi Dan Ruang Lingkupnya. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 5(1), 53–62. https://doi.org/10.56630/jti.v5i1.360

Karomatunnisa, A.-Z. A., Sholih, J. A. A. U., Hanifah, N., & Prihantini, P. (2022). Analisis Problematika Ketatausahaan Di Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 15–21. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.248

Morden, T. (2017). Principles of management. In Principles of Management. https://doi.org/10.4324/9781315246079

Suryadi, S. (2019). Peranan Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Kegiatan Pembelajaran Dan Perkembangan Dunia Pendidikan. JURNAL INFORMATIKA, 3(3), 9–19. https://doi.org/10.36987/informatika.v3i3.219

Tileng, K. G., Paramita, A. S., Tanamal, R., & Soekamto, Y. S. (2021). Workshop Pengenalan Sistem Informasi dan Implementasi SOP Pada Siswa-Siswi SMA Rajawali Makassar. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 1(1), 34–40. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v1i1.131

Usman, H. (2019). Administrasi, Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan Teori Dan Praktik. In PT Bumi Aksara.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-27

Cara Mengutip

Salaf, M. R. M., & Elviera, C. D. (2025). Transformasi digital tata usaha sekolah: strategi pengelolaan administrasi berbasis teknologi informasi. Jurnal Madako Education, 11(1), 22–28. https://doi.org/10.56630/jme.v11i1.1455

Terbitan

Bagian

Articles