Transformasi digital tata usaha sekolah: strategi pengelolaan administrasi berbasis teknologi informasi
DOI:
https://doi.org/10.56630/jme.v11i1.1455Kata Kunci:
Administrasi Sekolah, Teknologi Informasi, Tata Usaha, DigitalisasiAbstrak
Jurnal ini membahas pengembangan administrasi sekolah berbasis komputer dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi sebagai upaya modernisasi tata kelola pendidikan. Administrasi sekolah memiliki peran krusial sebagai ujung tombak pelayanan dalam suatu yayasan pendidikan, baik dalam aspek internal maupun eksternal. Meskipun administrasi merupakan unit yang sangat penting dalam mendukung aktivitas kelembagaan, kenyataannya kinerja tenaga tata usaha masih kurang optimal dalam memberikan layanan secara efektif dan efisien. Kondisi ini menunjukkan adanya kebutuhan akan sistem administrasi berbasis teknologi informasi yang mampu meningkatkan produktivitas, akurasi data, serta kualitas layanan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengulas implementasi dan efektivitas sistem administrasi berbasis teknologi informasi dalam meningkatkan kinerja tata usaha sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui observasi langsung terhadap kondisi nyata di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknologi informasi dalam administrasi sekolah dapat mempercepat proses pelayanan, meningkatkan akurasi pengelolaan data, serta mendukung transparansi dan akuntabilitas dalam manajemen pendidikan.
Referensi
Aulia, N., & Umar, A. (2022). Peran Tata Usaha dalam Pengelolaan Arsip. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 11(1), 9. https://doi.org/10.24036/jbmp.v11i1.116087
Elviera, C. D., Irawan, D., & Syafrina, D. N. (2019). Pengembangan Tata Usaha Sekolah Berbasis Teknologi Informasi. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.30743/mkd.v3i1.676
Hermansyah, & Dewi, desy eka citra. (2024). Peran Tata Usaha dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Penarik. Of Social Science Research, 4(1), 8331–8338.
Jamil, F. R., Ramli, A., & Sudadi, S. (2023). Konsep Dasar Administrasi Pendidikan, Fungsi Dan Ruang Lingkupnya. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 5(1), 53–62. https://doi.org/10.56630/jti.v5i1.360
Karomatunnisa, A.-Z. A., Sholih, J. A. A. U., Hanifah, N., & Prihantini, P. (2022). Analisis Problematika Ketatausahaan Di Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 15–21. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.248
Morden, T. (2017). Principles of management. In Principles of Management. https://doi.org/10.4324/9781315246079
Suryadi, S. (2019). Peranan Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Kegiatan Pembelajaran Dan Perkembangan Dunia Pendidikan. JURNAL INFORMATIKA, 3(3), 9–19. https://doi.org/10.36987/informatika.v3i3.219
Tileng, K. G., Paramita, A. S., Tanamal, R., & Soekamto, Y. S. (2021). Workshop Pengenalan Sistem Informasi dan Implementasi SOP Pada Siswa-Siswi SMA Rajawali Makassar. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 1(1), 34–40. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v1i1.131
Usman, H. (2019). Administrasi, Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan Teori Dan Praktik. In PT Bumi Aksara.





