Pengaruh pengelolaan sarana dan prasarana terhadap peningkatan mutu pendidikan di sekolah
DOI:
https://doi.org/10.56630/jme.v11i1.1453Kata Kunci:
Manajemen Sarana Dan Prasarana, Mutu Pendidikan, Infrastruktur PendidikanAbstrak
Setiap manusia memiliki hak untuk mengembangkan potensi dirinya, dan pendidikan merupakan sarana utama dalam mewujudkan hal tersebut. Pemerintah memiliki peran penting dalam mengatur sistem pendidikan agar proses pembelajaran berjalan secara efektif sehingga mampu menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten dan berdaya saing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research) yang bersumber dari buku, jurnal ilmiah, artikel, serta tesis yang relevan dengan topik penelitian. Sarana dan prasarana pendidikan atau yang sering disebut infrastruktur merupakan komponen penting yang saling berkaitan guna mendukung kelancaran proses pembelajaran di sekolah. Hasil kajian menunjukkan bahwa pengelolaan sarana dan prasarana yang baik, mencakup perencanaan, pengadaan, pemanfaatan, dan pemeliharaan, berkontribusi signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan. Dengan pengelolaan yang optimal, kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efektif, peserta didik merasa nyaman, serta guru dapat menjalankan tugasnya dengan maksimal. Oleh karena itu, manajemen sarana dan prasarana bukan hanya sebagai penunjang teknis, tetapi merupakan faktor strategis dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas.
Referensi
Ashadi, F., Sopwandin, I., & Ramli, A. (2023). Implementation of School-Based Management in Increasing The Quality of Education. 5(3), 9141–9146.
Basirun, Ajepri, F., & Anwar, K. (2022). Manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 7(01), 14–19. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v7i01.172
Erroyani, S. A. (2022). Manajemen Sarana dan Prasarana di Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 460. https://doi.org/10.20961/jkc.v10i2.65772
Ginanjar, M. H., & Jundullah, M. (2023). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Di Sma Al-Minhaj Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 103–108. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.3693
Gunawan, F., Mashuri, S., & Hamka, H. (2022). Analisis Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Layanan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.24239/jimpi.v1i1.897
Hasanah, F., Mulawarman, W. G., & Masruhim, M. A. (2023). Manajemen Sarana dan Prasarana untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Inklusif. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3, 161–166. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3ise.2982
Hidayat Rizandi, Muhammad Arrazi, Asmendri, & Milya Sari. (2023). Pentingnya Manajeman Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 47–59. https://doi.org/10.51339/akademika.v5i1.745
Indahyani, Syamsuddhuha, S., & Musdalifah, M. (2022). Pengaruh manajemen sumber daya manusia dan manajemen sarana dan prasarana terhadap mutu pendidikan. Nazzama: Journal of Management Education, 1(2), 135–146. https://doi.org/10.24252/jme.v1i2.28011
Isnaini, N., Yahya, F., Sabri, M., Islam, M. P., & Timur, L. (2021). Peran Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MI NW 1 Kembang Kerang. 1(1), 1–10.
Isnaniah, I. (2022). Manajemen Sarana Dan Prasarana Di Mtsn Barito Selatan. MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 2(2), 230–237. https://doi.org/10.51878/manajerial.v2i2.1406
Khikmah, N. (2020). Manajemen sarana dan prasarana untuk mengembangkan mutu pendidikan. 3, 123–130.
Kurniawati, P. I., & Sayuti, S. A. (2013). Manajemen Sarana Dan Prasarana Di Smk N 1 Kasihan Bantul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(1), 98–108. https://doi.org/10.21831/amp.v1i1.2331
Manurung, R., Harapan, E., & Suharyadi, A. (2020). Jurnal Manajemen Pendidikan Manajemen Sarana Prasarana di Sekolah Dasar Negeri 1 Kota Prabumulih Educational Facilities Management at Prabumulih 1 State Elementary. 2(2), 168–177.
Mulyadi, A. (2020). Dampak Manajemen Sarana Prasarana Terhadap Mutu Pendidikan. Jurnal Syntax Admiration, 1(8), 1004–1022.
Nasrudin, N., & Maryadi, M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran di SD. Manajemen Pendidikan, 13(2), 15–23. https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.6363
Natal, Y. R., & Bate, N. (2020). Manajemen pengelolaan sarana dan prasarana pjok. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 9(2), 70–82. https://doi.org/10.36706/altius.v9i2.12879
Purwasih, W., & Sahnan, A. (2022). Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Dasar Melalui Manajemen Sarana dan Prasarana. Madako Elementary School, 1(2), 99–117. https://doi.org/10.56630/mes.v1i2.51
Romlah, R., & Sagala, R. (2021). Manajemen Sarana dan Prasarana Taman Penitipan Anak di Lampung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 231–238. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1207
Sopian, A. (2019). MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA. 4, 43–54.
Suranto, D. I., Annur, S., Ibrahim, & Alfiyanto, A. (2022). Pentingnya Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(2), 59–66. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i2.26





