KEARIFAN LOKAL SEBAGAI SOLUSI PENINGKATAN SPIRIT KERJASAMA PESERTA DIDIK
Abstract
Kearifan lokal merupakan salah satu sumber nilai yang diyakini oleh bangsa Indonesia, karena kearifan lokal setiap daerah di Indonesia mengacu pada peningkatan karakter masyarakat. Setiap kearifan lokal yang ada di Indonesia mendorong masyarakat untuk menjadi manusia yang berbudi dan memiliki prinsip kehidupan. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa pengembangan karakter peserta didik disekolah belum menunjukkan pencapaian yang baik. Sebagai contoh peserta didik bersifat individualistik dan berkompetisi untuk menjadi yang terbaik. Hal ini semakin diperparah dengan penggunaan handphone yang tidak tepat guna oleh peserta didik. Oleh karena itu artikel ini bertujuan untuk  meningkatkan kerjasama peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran melalui kearifan lokal yaitu samaturu. Metode yang digunakan berupa pengumpulan data kualitatif berdasarkan indikator pengamatan terhadap objek penelitian, kemudian dianalisis secara deskriptif. Dari hasil penelitian terlihat adanya peningkatan spirit karakter kerjasama melalui pembelajaran berbasis samaturu. Hal ini menunjukkan antusias peserta didik untuk bekerjasama dalam mencapai tujuan bersama.Kata Kunci : kearifan lokal, Pendidikan, samaturu
References
Anwar, K. (2021). Manajemen Pendidikan Karekter Berbasis Kearifan Lokal Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Banjarmasin. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 1(1), 1-8.
Ardiana, dewa putu yudhi et. Al. (2021). Metodologi penelitian bidang pendidikan.
B. A. Laksono, Supriyono, and S.Wahyuni, (2018). An Investigation of Local Wisdom to Support Adult Literacy Program,†PEOPLE Int. J. Soc. Sci., vol.4, no. 2, pp. 132-336,doi:10.20319/pijss.2018.42.13201336.
Direktorat Pembinaan SMP (2010).
Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendiknas.
Eko, B. S., & Putranto, H. (2019).
The role of intercultural competence and local wisdom in building intercultural and inter-religious tolerance. Journal of Intercultural Communication Research, 48(4), 341–369
Kuranto, S. A. (2012). Konsep Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal sebagai Dasar Pembentukan Karakter Bangsa. Makalah, Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
Malik, A. R., Emzir, E., & Sumarni, S. (2020). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING DAN GAYA BELAJAR VISUAL TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN SISWA SMA NEGERI 1 MAROS. Visipena, 11(1), 194-207.
Nugraha, D., & Hasanah, A. (2021).
Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Budaya Di Sekolah. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1), 1-9.
Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M.,& Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639-3648.
Maharani, L. A., Furnamasari, Y. F., Dewi, D. A. (2021). Menumbuhkuatkan Pengetahuan Mengenai Nilai- Nilai Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9387–9389.
Miftah Nurul Annisa, Ade Wiliah, N. R. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1),
–48
Mutiara, A., Wagiran, W., & Pristiwati, R. (2022). Pengembangan Buku Pengayaan Elektronik Cerita Fabel Bermuatan Profil Pelajar Pancasila Elemen Gotong Royong Sebagai Media Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2),
–2429
Pesurnay, A. J. (2018). Local wisdom in a new paradigm: Applying system theory to the study of local culture in Indonesia.
(1), 012037
Putry, R. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39. https://doi.org/10.22373/equali ty.v4i1.4480
Sari, nurmala, (2020). Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal Untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sumuatera utara
Sutisna,Anan (2020) Metode Penelitian Kualitatif Bidang Pendidikan Unj press
Shoshani,A. (2019). Young children’s character strengths and emotional well-being: Development of the Character Strengths Inventory for Early Childhood (CSI-EC). The Journal of Positive Psychology, 14(1), 86–102. https://doi.org/10.1080/17439
2018.1424925