Optimalisasi layanan dan fasilitas perpustakaan untuk mendorong minat baca peserta didik
DOI:
https://doi.org/10.56630/jme.v10i1.1457Kata Kunci:
perpustakaan, layanan, fasilitasAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengelolaan perpustakaan dan koleksi bukunya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun koleksi buku, mengelola perpustakaan, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat, dan meningkatkan kegemaran membaca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana pustakawan, koleksi, pengawasan administrasi, dan promosi membaca di perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana rekomendasi yang berbeda untuk layanan dan sumber daya perpustakaan berdampak pada minat baca siswa. Prosedur yang dilakukan untuk membuat tinjauan pustaka adalah pemilihan topik, penelitian literatur, pembentukan opini, dan tinjauan literatur. Analisis isi digunakan untuk menganalisis data. Kepala perpustakaan dapat mendorong para guru yang telah ditugaskan untuk mendorong anak-anak untuk membaca dengan menugaskan pekerjaan rumah yang berhubungan dengan membaca berdasarkan hasil evaluasi literatur ini. Staf para pengunjung diberitahu tentang layanan yang efektif dan fasilitas yang lengkap oleh anggota staf perpustakaan. Minat baca siswa di perpustakaan dapat ditingkatkan dengan menyediakan layanan dan sumber daya perpustakaan yang sesuai.
Referensi
Afian, T., & Donny Agung Saputra, R. (2021). Inovasi Fasilitas Perpustakaan Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Minat Baca. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 6(1), 6. https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4083
Apriyani1, D., Harapan2, E., & Hotman3. (2021). (Jurnal Manajemen, KepemSurya Pratama, A., Toyo, R., & Sumarni, S. (2019). Analisis Pengelolaan Perpustakaan Sekolah (Studi Kasus Pada Perpustakaan Smk Negeri 2 Surakarta). Indonesian Journal Of Civil Engineering Education, 4(2), 82–92. https://doi.org/10. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 6(1), 1–147.
Ashadi, F., Sopwandin, I., & Ramli, A. (2023). Implementation of School-Based Management in Increasing The Quality of Education. 05(03), 9141–9146.
Aulawi, M. B. (2011). Optimalisasi Layanan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Pustakaloka, 3(1), 117–127.
Cahyani, P. D. (2015). Pengaruh Fasilitas Perpustakaan Dan Pelayanan Perpustakaan Terhadap Minat Membaca Siswa Kelas Xi Di Perpustakaan Smk N 1 Kendal. Skripsi.
Irianti, P. (2017). Kepuasan Pemustaka Terhadap Fasilitas Perpustakaan di Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 13(1), 47. https://doi.org/10.22146/bip.16757
Islamic, J., & Manajemen, E. (2018). p-ISSN: 2541-383X e-ISSN: 2541-7088. 3(2), 231–241.
Maulidiyah, A., & Roesminingsih, E. (2020). Layanan dan Fasilitas Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(4), 389–400.
Mutia, T. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Geografi. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 4(2), 210–219. https://doi.org/10.29408/geodika.v4i2.2869
Niswaty, R., Darwis, M., M, D. A., Nasrullah, M., & Salam, R. (2020). Fasilitas Perpustakaan Sebagai Media dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 8(1), 66. https://doi.org/10.24252/kah.v8i1a7
Nugraha, F. (2014). Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 5(1), 27–32. https://doi.org/10.24176/simet.v5i1.132
Rahmah, E. (2018). Akses dan Layanan Perpustakaan: Teori dan Aplikasi. Prenadamedia Group, 1, 245 hlm.
Riyadi, S., Ramli, A., Ayu, R., & Kusuma, P. (2023). The Effect of Principal Managerial and Professionalism of Teachers on the Implementation of School-Based Management. 05(04), 12198–12203.
Rochmah, E. A. (2016). Pengelolaan Layanan Perpustakaan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 277–292. https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.2.277-292
Surahman, S., Desriyantika, E., Koli, E. D., & Ramli, A. (2023). The Efforts to Improve Teacher Performance Through School Principal Leadership , Job Satisfaction and Work Motivation. 05(03), 10165–10175.





