Strategi manajemen sekolah berbasis mutu dalam meningkatkan prestasi pendidikan

Authors

  • Novia Salsabilah Salsabilah UINSI Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.56630/jme.v11i1.1451

Keywords:

Manajemen Sekolah, Mutu Pendidikan, Kepala Sekolah, Studi Kepustakaan, Efektivitas Manajemen

Abstract

Manajemen sekolah merupakan suatu proses pengelolaan seluruh sumber daya pendidikan secara sistematis dan terencana untuk mencapai tujuan pendidikan, baik dalam jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran dan implementasi manajemen sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Manajemen sekolah yang efektif hanya dapat terwujud apabila kepala sekolah mampu menjalankan fungsi manajerial dengan baik, efisien, dan berorientasi pada mutu. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan (library research) dengan pendekatan bibliografis, di mana data dikumpulkan dari berbagai literatur seperti buku, artikel jurnal ilmiah, dan sumber terpercaya lainnya yang relevan dengan fokus penelitian. Analisis data dilakukan melalui interpretasi kritis terhadap pemikiran para ahli dengan pendekatan konstruktif. Hasil kajian menunjukkan bahwa manajemen sekolah memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan, terutama melalui perencanaan yang strategis, pelaksanaan program pendidikan, pengelolaan tenaga pendidik, serta evaluasi yang berkesinambungan. Kepala sekolah memiliki peran sentral dalam menggerakkan seluruh komponen sekolah untuk mencapai standar mutu yang diharapkan. Oleh karena itu, pengawasan dan dukungan dari pihak pengawas pendidikan sangat diperlukan untuk memastikan penerapan manajemen sekolah berjalan efektif dan efisien. Dengan penerapan manajemen sekolah yang optimal, mutu pendidikan dapat ditingkatkan secara berkelanjutan sehingga mampu menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten dan berdaya saing.

Author Biography

Novia Salsabilah Salsabilah, UINSI Samarinda

Mahasiswa

References

Elo, S., & Kyngäs, H. (2008). The qualitative content analysis process. Journal of Advanced Nursing, 62(1), 107–115. https://doi.org/10.1111/j.1365-2648.2007.04569.x

Irawati, E., & Susetyo, W. (2017). Implementasi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Di Blitar. Jurnal Supremasi. https://doi.org/10.35457/supremasi.v7i1.374

Kuntoro, A. T. (2019). Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan, 7(1), 84–97. https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2928

Mestika Zed. (2008). Metode Penelitiaan kepustakaan. In Yayasan Obor Indonesia. Yayasan Obor Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=iIV8zwHnGo0C&lpg=PA1&ots=nfjn4S-bSm&dq=metode penelitian kepustakaan&lr&pg=PP6#v=onepage&q=metode penelitian kepustakaan&f=false

Mulianta Ginting, A. (2023). Proyeksi pertumbuhan ekonomi indonesia tahun 2023 dan strategi kebijakan. Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, 11–16.

Normatika, M. (2018). Analisis Kebutuhan Dan Jangkauan Pelayanana Sarana Pendidikan SMP/MTs di Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Doctoral Dissertation Undip, 1–18.

Siahaan, A., Akmalia, R., Amelia, Y., Wulandari, T., Hrp, S. A. F., & Pasaribu, K. (2023). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Journal on Education, 5(2), 3840–3848. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1068

Susanti, S., Fakhrul Uman, A., Aida fitriyah Ridwan, S., & Maf’ulah, S. (2023). Manajemen peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Impresi Indonesia, 2(6), 574–581. https://doi.org/10.58344/jii.v2i6.2916

van Assen, M. F. (2021). Training, employee involvement and continuous improvement–the moderating effect of a common improvement method. Production Planning and Control, 32(2), 132–144. https://doi.org/10.1080/09537287.2020.1716405

Wahyu Purwasih, & Ahmad Sahnan. (2022). Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Dasar Melalui Manajemen Sarana dan Prasarana. Madako Elementary School, 1(2), 99–117. https://doi.org/10.56630/mes.v1i2.51

Published

2025-06-20

How to Cite

Salsabilah, N. S. (2025). Strategi manajemen sekolah berbasis mutu dalam meningkatkan prestasi pendidikan. Jurnal Madako Education, 11(1), 9–13. https://doi.org/10.56630/jme.v11i1.1451

Issue

Section

Articles