MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN SUGGESTOPEDIA PADA SISWA SDN 26 TOLITOLI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan strategi pembelajaran Suggestopedia dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 26 Tolitoli. Penelitian ini bertujuan untuk  meningkatkan hasil  belajar  IPAS murid  kelas  V SDN 26 Tolitoli melalui strategi pembelajaran Suggestopedia. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan . prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas V SDN 26 Tolitoli berjumlah 26 orang, dengan rincian 15 murid laki-laki dan 13 murid perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar murid sebesar 65,45 berada dalam kategori sedang pada siklus I, kemudian meningkat menjad i 87,50 dalam kategori tinggi pada siklus II. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu penerapan Strategi pembelajaran Suggestopedia dalam pembelajaran IPAS dapat meningkatkan hasil belajar murid kelas V SDN 26 Tolitoli. Berdasarkan hasil  penelitian tersebut  diatas,  dapat  disimpulkan hasil belajar IPAS murid kelas V SDN 26 Tolitoli melalui strategi pembelajaran Suggestopedia mengalami peningkatan.
References
Arikunto, Suharsimi dkk. 2018. Penelitian Tindakan Kelas.. Jakarta: Bumi Aksara.
Ali,M. 2020. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru. Anurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Anitah, Sri, W, dkk. 2007. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbu
Bahru, M. S., Islam, A., & Iain, N. (n.d.). Penguatan Self Confidence dalam Pembelajaran Matematika melalui Metode Suggestopedia. 6(1), 1–14.
Prasetya, D., & Safitri, K. (n.d.). METODE SUGGESTOPEDIA SEBAGAI ALTERNATIF DALAM.
Pujasari, Y., Rahayu, W. W., & Indonesia, U. P. (n.d.). PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MELALUI METODE “ SUGGESTOPEDIA †TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI. 81–89.
Rudini, M. (2003). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis TIK Masa Pandemi Covid-19. 08(20), 841–852.
Suggestopedia, M. M. (2014). Journal of Elementary Education. 3(4), 14–20.
Sagala (Novauli.M,F.2015), Kompetensimerupakanpeleburan dari pengetahuan. Universitas Syiah Kuala Jl. Tgk. Syeh Abdul Rauf No. 7, Darussalam Banda Aceh 23111, Volume 3, No. 1, Februari 2015.
Sanjaya,(Ramaliya 2018), Pengembangan Kompetensi Guru .Pascasarjana Universitas Sultan Zainal Abidin, Malaysia Volume 9, No. 1, Juni 2018
Sugiyono, (2015). mengatasi perilaku menyimpang dikalangan remaja. Sekolah Menengah Kejuruan 3 Pasundan Bandung.
Moleong,(Kartini,2016).pola asuh orang tua terhadap perkembangan komunikasi. Tunanetra di slb-c karya bhakti kota bandung, Universitas Pendidikan Indonesia.
Peraturan Mentri Pendidikan Nasional No. 16 Tahun 2007 Tentang standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.