Teknik Produksi Naupli Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) di PT. Tri Karta Pratama, Carita, Pandeglang, Banten

Novitasari Irianingrum, Badia Raja Parlinggoman, Muh. Herjayanto

Sari


Udang vaname (Litopenaeus vannamei) merupakan salah satu produk ekspor unggulan perikanan budidaya di Indonesia. Keunggulan udang vaname antara lain pertumbuhannya cepat, dapat dibudidayakan dengan kepadatan tinggi, memiliki sintasan yang tinggi, dan mempunyai harga pasar yang cukup tinggi. Salah satu indikator keberhasilan pembenihan udang vaname adalah ketersediaan benur yang berkualitas dan berkesinambungan. Keberhasilan dalam kegiatan pembenihan perlu didukung dengan pengetahuan tentang teknik produksi naupli udang vaname. Karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk mengkaji teknik produksi naupli udang vaname di PT. Tri Karta Pratama. Metode yang digunakan untuk memperoleh data primer dalam kegiatan ini adalah mengikuti secara langsung, mengamati dan melakukan wawancara terkait produksi naupli. Data sekunder diperoleh melalui penelusuran literatur terkait produksi naupli vaname. Teknik produksi naupli vaname meliputi persiapan media pemeliharaan induk, pemeliharaan dan pematangan induk, seleksi induk matang gonad, pemijahan induk, dan penetasan telur. Secara umum kegiatan produksi naupli udang vaname di PT. Tri Karta Pratama sesuai dengan prosedur standar operasional yang ditetapkan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anam, C., Khumaidi, A., & Muqsith, A. (2016). Manajemen Produksi Naupli Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) di Instalasi Pembenihan Udang (IPU) Gelung Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Situbondo Jawa Timur. Jurnal Ilmu Perikanan, 7(2), 57–65.

[FAO] Food and Agricultural Organization of The United Nations. (2015). Global Aquaculture Production Statistics Database Updated To 2013 Summary Information. Food and Agricultural Organization of The United Nations., 1–5.

Haryati, Zainuddin, & Syam, M. (2010). Pengaruh Pemberian Berbagai Kombinasi Pakan Alami Pada Induk Udang Windu (Penaeus monodon Fab.) Terhadap Potensi Reproduksi dan Kualitas Larva. ILMU KELAUTAN: Indonesian Journal of Marine Sciences, 15(3), 163–169.

Hendrajat, E.A., Mangampa, M., & Suryanto, H. (2007). Budidaya Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) Pola Tradisional Plus di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Media Akuakulur, 2(2), 67–70.

Iskandar, A., Rizki, A., Hendriana, A., Darmawangsa, G.M., Abuzzar, Khoerullah, & M. (2021). Manajemen Pembenihan Udang Vaname Litopenaeus vannamei di PT Central Proteina Prima, Kalianda, Lampung Selatan. Jurnal Perikanan Terapan, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.25181/peranan.v2i1.1655

[KKP] Kementerian Kelautan dan Perikanan. (2001). Pelepasan Varietas Udang Vaname sebagai Varietas Unggul. Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan, 53(9), 1689–1699.

[KKP] Kementerian Kelautan dan Perikanan. (2018). Kelautan dan Perikanan dalam Angka Tahun 2018. Pusat Data, Statistik dan Informasi Kementerian Kelautan dan Perikanan. Jakarta.

Lante, S., Laining, A., & Parenrengi, A. (2014). Performa Reproduksi Induk Udang Windu (Penaeus monodon Fab.) Jantan Alam dan Domestikasi Tambak. Forum Inovasi Teknologi Akuakultur, 693–700.




DOI: http://dx.doi.org/10.56630/jago.v3i3.309

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indeks by:

      

 


KANTOR EDITORIAL

JAGO TOLIS : Jurnal Agrokompleks Tolis

PRODI BUDIDAYA PERAIRAN, UNIVERSITAS MADAKO TOLITOLI 

Jl. Madako No. 1 Kelurahan Tambun
Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah. Indonesia. 
Telepon: 085240411818

Email: jagoku2020@gmail.com, suardiaseq@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.