Strategi Adaptasi Dosen PTS dalam Mencapai Work-life Balance: Studi Kasus Pada Universitas Madako Tolitoli

Authors

  • Mirayanti Universitas Madako Tolitoli
  • Fakhruddin Kurnia Universitas Madako Tolitoli

DOI:

https://doi.org/10.56630/tolis.v7i2.1057

Keywords:

work-life Balance, Startegi Adaptasi, Dosen, Perguruan Tinggi Swasta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi adaptasi dosen Universitas Madako Tolitoli dalam mencapai work-life balance (WLB) di tengah tuntutan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang multifaset. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam sebagai metode pengumpulan data utama dari dosen lintas fakultas dan jenjang karier, serta didukung analisis dokumen. Penelitian ini menemukan bahwa WLB dosen sangat bergantung pada agensi dan strategi proaktif individu. Tiga tema utama strategi adaptasi yang teridentifikasi dari penelitian ini meliputi: (1) Manajemen waktu dan prioritas adaptif, di mana dosen secara fleksibel mengatur jadwal harian dan mingguan mereka, termasuk alokasi blok waktu khusus untuk riset dan keluarga, serta menerapkan batasan yang tegas antara ranah kerja dan personal. (2) Pencarian dan pemanfaatan dukungan sosial, baik dari rekan kerja melalui sistem dukungan sejawat informal maupun dari keluarga (terutama pasangan), yang terbukti krusial dalam menyeimbangkan tuntutan profesional dan domestik. (3) Pengembangan resiliensi dan penetapan batasan pribadi, di mana dosen belajar untuk mengelola tekanan kerja secara efektif, berani mengatakan "tidak" pada beban berlebih, dan memahami WLB sebagai proses berkelanjutan yang membutuhkan penyesuaian pola pikir. Meskipun kebijakan WLB formal mungkin belum komprehensif di Universitas Madako Tolitoli, penelitian ini menyoroti bahwa fleksibilitas informal dan pemahaman dari atasan langsung turut berperan sebagai faktor pendukung adaptasi individu. Hal ini mengindikasikan signifikansi budaya organisasi yang suportif. Secara keseluruhan, penelitian ini memperkaya literatur WLB dengan perspektif mikro yang mendalam, menekankan bahwa keseimbangan kerja-hidup sangat bergantung pada inisiatif pribadi dan dukungan sosial, di samping kebijakan institusi. Implikasi praktis bagi manajemen sumber daya manusia di Perguruan Tinggi Swasta adalah pentingnya tidak hanya merancang kebijakan formal, tetapi juga menciptakan lingkungan dan budaya yang mendorong fleksibilitas, dukungan rekan kerja, serta pengembangan manajemen diri dan resiliensi dosen.

Author Biography

Fakhruddin Kurnia, Universitas Madako Tolitoli

Ekonomi Pembangunan

References

Ari Riswanti, et al. 2025. STRATEGI MANAJEMEN (Konsep, Teori, Dan Implementasi). Sonpedia Publishing Indonesia.

Bakker, A. B., Demerouti, E., & Sanz-Vergel, A. I. 2014. “Burnout and Work Engagement: The JDR Approach.” Annual Review of Organizational Psychology and Organizational Behavior 1: 389–411.

Braun, V., & Clarke, V. 2006. “Using Thematic Analysis in Psychology. Qualitative Research in Psychology.” 2006 3 (2): 77–101.

Clark, S.C. 2000. “Work/Family Border Theory: A New Theory of Work/Family Balance.” Human Relations 53: 747–70.

Creswell, J.W. 2018. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Memilih Di Antara Lima Pendekatan. Terjemahan Ahmad Lintang Lazuard. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gaudine, Alice. 2001. “Emotion and Ethical Decision-Making in Organizations.” Journal of Business Ethics 05 (01): 175–87. https://doi.org/10.1023/A:1010711413444.

Greenhaus, J. H., & Powell, G. N. 2017. “The Family-Relatedness of Work Decisions: A Framework and Agenda for Theory and Research.” Journal of Vocational Behavior 84 (2): 142–61.

Greenhaus, J. H., Collins, K. M., dan Shaw, J.D. 2003. “The Relation between Work–Family Balance and Quality of Life.” Journal of Vocational Behavior 6 (3): 510–31.

Grzywacz, J. G., & Carlson, D. S. (2007). 2007. “Conceptualizing Work-Family Balance: Implications for Practice and Research.” Advances in Developing Human Resource 9 (4): 455–71. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/1523422307305487.

Guest, Greg. 2015. “Field Methods,” no. February 2006. https://doi.org/10.1177/1525822X05279903.

Ibrahim, Rosmawati. 2024. MENGELOLA WORK-LIFE BALANCE DAN INTEGRITAS DALAM MENINGKATKAN KINERJA DOSEN. PENERBIT CV. EUREKA MEDIA AKSARA.

Karimi, Mahsa. 2022. “Development of Osteogenic Chitosan / Alginate Scaffolds Reinforced with Silicocarnotite Containing Apatitic Fibers,” no. January.

Mirayanti, Fiansi. 2020. “Analisis Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Perikanan Kabupaten Toli-Toli Analysis of Emotional Intelligence on Employee Performance of Toli-Toli Regency Fisheries Service” 07: 105–9.

Palinkas, L.A., et al. 2015. “Purposeful Sampling for Qualitative Data Collection and Analysis in Mixed Method Implementation Research.” Administration and Policy in Mental Health and Mental Health Services Research 42: 533–44. https://doi.org/10.1007/s10488-013-0528-y.

Patton, M. Q. 2015. Qualitative Research and Evaluation Methods. 4th ed. California: Sage Publication.

Seidman, I. 2013. Interviewing as Qualitative Research: A Guide for Researchers in Education and the Social Sciences. New York: Teachers College Press.

Sirgy, M.J. and Lee, D.J. 2023. Work-Life Balance. Cambridge University Press. https://books.google.co.id/books?id=QdagEAAAQBAJ.

Published

2025-08-05

How to Cite

Mirayanti, & Kurnia, F. (2025). Strategi Adaptasi Dosen PTS dalam Mencapai Work-life Balance: Studi Kasus Pada Universitas Madako Tolitoli. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 7(2), 141–150. https://doi.org/10.56630/tolis.v7i2.1057