Analisis Perilaku Pedagang Tradidional Krembangan Dalam Pandangan Etika Bisnis Islam

Penulis

  • Dinda Nabila Margaretha Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.56630/paraduta.v2i2.629

Kata Kunci:

Etika, Pasar, Penjual

Abstrak

Keadaan UMKM pedagang di pasar Krembangan seringkali menghadapi penertiban oleh pihak kepolisian dan Satpol PP setiap tahunnya. Hal ini terjadi karena meskipun sudah disediakan lahan untuk berjualan di dalam pasar, lokasi yang terpencil membuat pembeli kesulitan menemukan ruko dan kios. Akibatnya, pembeli cenderung berbelanja di luar pasar. Penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk menggambarkan dan memahami fenomena ini secara mendalam, dengan pengumpulan data berupa kata-kata, gambar, atau tindakan partisipan, dan analisis data dilakukan secara subjektif melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman karakter pada pedagang pasar perlu dilakukan untuk menghindari kerugian akibat keributan ini. Tindakan persuasif dengan pendekatan etika bisnis Islam sebaiknya diterapkan sebagai bentuk nasihat kepada para pedagang. Sebagian pedagang di Pasar Krembangan kini menerapkan model penjualan tertentu. Penerapan sistem akhlak dan syariah dapat meningkatkan daya beli pedagang, sehingga kemakmuran pasar, termasuk Pasar Krembangan, dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Referensi

Abbas, M. F. (2021). Pengaruh Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Di Toko Grand Hero Praya Lombok Tengah. Universitas Muhammadiyah Mataram.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Studi Pustaka. Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980.

Admin. (2019). Pasar Krembangan. Pasar Surya Service to Care. https://pasarsurya.Surabaya.go.id/index.php/2019/03/20/pasar-Krembangan/

Aminah, S. (2017). Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Getah Karet Di Desa Margo Bhakti Kecamatan Way Serdang Kabupaten Mesuji. Institut Agama Islam Negeri Metro Lampung.

Astuti, A. R. T. (2022). Etika Bisnis Islam (Kasus-Kasus Kontemporer) (N. Hamzah (ed.)). IAIN Prepare Nusantara Press.

Beritahu. (2023). Cahyo Harjo Prakoso Beri Catatan Khusus Kondisi Pasar Dinoyo dan Krembangan yang Memprihatinkan. Beritahu.Info. https://beritahu.co/cahyo-harjo-prakoso-beri-catatan-khusus-kondisi-pasar-dinoyo-dan-Krembangan-yang-mengenaskan/#google_vignette

Fordebi, & Adesy. (2016). Ekonomi dan Bisnis Islam. PT Raja Grafindo Persada.

Humas Polres Tanjung Perak Surabaya. (2023). Polsek Krembangan Bertindak Tegas: Penertiban PKL Demi Kenyamanan Masyarakat. Seputar Perak. https://m.seputarperak.com/baca-34974-polsek-Krembangan-bertindak-tegas-penertiban-pkl-demi-kenyamanan-masyarakat

Ibrahim, A., Amelia, E., Akbar, N., Kholis, N., Utami, S. A., & Nofrianto. (2021). Pengantar Ekonomi Islam. Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah - Bank Indonesia.

Institut Tazkia. (2021). Prinsip & Etika Bisnis Islam. Institut Tazkia Islamic Economics & Business Law Education.

Jainuddin, Fitriadi, & Wahyuni, S. (2022). Etika Bisnis Pedagang Muslim Pasar Ijabah Kota Samarinda dalam Perspektif Islam. Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman, 1(2), 151–160.

Larasati, G. (2020). Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Praktik Jual Beli Makanan Tanpa Mencantumkan Harga. Institut Islam Negeri Surakarta.

Ma’roah, S. (2019). Etika Dalam Bisnis Berbasis Syariah. CV Revka Prima Media.

Mahrus, M. (2024). Menulusuri Jalan Krembangan Makam (9-Habis) Kini Jadi Pemukiman Padat Penduduk. Radar Surabaya. https://www/ciputra.ac.id/library/menelusuri-jalan-Krembangan-makam-9-habis_kini-jadi-pemukiman-padat-penduduk-radar-Surabaya-23-januari-2024-hal-6/

Malahayatie. (2022). Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam (B. M.S (ed.)). Sefa Bumi Persada.

Nafis, D. (2019). Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Usaha Rumah Makan (Studi Kasus Rumah Makan Wong Solo Batoh, Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Nurmadiansyah, M. T. (2021). Etika Bisnis Islam: Konsep dan Pratek (Ferdy Azmal Fakhrani (ed.)). CV Cakrawala Media Pustaka.

Rozalinda. (2017). Ekonomi Islam (Teori dan Aplikasinya pada Aktivitas Ekonomi). Rajawali Pers.

Soleh, Budiman, & Samudi. (2023). Etika Bisnis Islam: Implementasi dalam Bisnis Perhotelan di Banten. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 7(2), 146–157.

Syahrizal, A. (2018). Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam. Jurnal Aktualita, 9(1), 101–116.

Triwibowo, A., & Adam, M. A. (2023). Etika Bisnis Islam Dalam Praktek Bisnis Di Era Digital Ekonomi. Jurnal Bisnis Islam Dan Perbankan Syariah, 2(1), 25–36.

Triyanta, A. (2012). Hukum Ekonomi Islam (N. Huda & R. Narziyah (eds.)). FH UII Press.

Ultavia, A., Jannati, P., Malahati, F., Qathrunnada, & Shaleh. (2023). Kualitatif: Memahami Karakteristik Penelitian Sebagai Metodologi. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 341–348.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan : Metode Penelitian Kualitatif , Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi ( Mixed Method ). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.

Yuliani, M. (2023). Etika Bisnis Dalam Perspetif Islam (N. Rismawati (ed.)). Widina Media Utama.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-27