Peran Pemerintah Dalam Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Di Kota Bandung

Penulis

  • Ririn Wahyu Febriyani
  • Sri Wulandari
  • Syafira Arimbi Prameswary
  • Sunandie Eko Ginanjar

DOI:

https://doi.org/10.56630/paraduta.v2i1.583

Abstrak

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan wadah untuk mengembangkan karakter siswa di sekolah dengan menciptakan budaya literasi yang memungkinkan siswa mempelajari berbagai mata pelajaran melalui kegiatan membaca, menulis, belajar, dan mendengarkan sehingga membentuk kebiasaan belajar sepanjang hayat.. Salah satu permasalahan yang akan peneliti kaji adalah mengenai apakah pemerintah sudah mendukung sarana prasarana untuk menunjangnya program Gerakan Literasi Sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja peran pemerintah dalam mendukung program Gerakan Literasi Sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah wali kelas, guru yang menguasai bidang literasi, orang tua dan peserta didik SDN 022 Cicadas Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menyajikan bahwa program tersebut sudah di cantumkan dalam lapor pendidikan yang berisikan program literasi khususnya literasi numerasi. Manfaat penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar dukungan pemerintah terhadap program GLS. Sehingga diharapkan dengan penelitian ini peneliti maupun pembaca bisa ikut berpartisipasi dengan mendukung dan melaksanakan apa yang telah diupayakan pemerintah dan pihak sekolah dalam menjalankan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

Referensi

Adnan, S. (n.d.). adnan siti 2023. 2023.

Cahya Rohim, D., & Rahmawati, S. (2020). PERAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 6(3). http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD

Dewa. (n.d.). dewa 2019. 2019.

Erwin, W. (n.d.). Erwin Widiyanti 2019. 2019.

Hanum, A. E. (n.d.). IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR MELALUI PROGRAM MEMBACA MENYENANGKAN.

Hilal Hidayat, M., Agus Basuki, I., & Akbar, dun. (n.d.). Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Jenderal, D., Anak, P., Dini, U., Dasar, P., Menengah, P., Pendidikan, K., Kebudayaan, D., & Revisi, E. (2020). PANDUAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SMA TAHUN 2020. www.sma.kemdikbud.go.id

Khoeriyah, Y. S., Indah, R. N., & Achmad Syam, R. Z. (2021). EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH MELALUI READING CHALLENGE DI SMA PLUS AL-GHIFARI BANDUNG. Info Bibliotheca: Jurnal Perpustakaan Dan Ilmu Informasi, 2(2), 115–126. https://doi.org/10.24036/ib.v2i2.115

Kusmanto, H. (2022). TATA KELOLA PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 8 SRAGEN. Manajemen Pendidikan, 17(1), 62–75. https://doi.org/10.23917/jmp.v17i1.16287

Nurul Qomaria, I., & Puspita Sari, T. (2022). PEMBERDAYAAN RUMAH BACA “PELANGI†SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA ANAK DI DESA PALAAN. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 305–311. https://doi.org/10.31949/jb.v3i3.2646

Penelitian Kebijakan Badan Penelitian, P., Pengembangan, D., Perbukuan, D., Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. (2020). IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR. http://puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id

Yashinta. (n.d.). YASHINTA 2021. 2021.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-04

Terbitan

Bagian

Artikel