Strategi Pengembangan Bisnis Mebel Jepara Barokah Di Kabupaten Tolitoli

Authors

  • Febrianto Program Studi Pembangunan,Fakultas Ekonomi,Universitas Madako Tolitoli
  • Fitri Kasim Program Studi Pembangunan,Fakultas Ekonomi,Universitas Madako Tolitoli
  • Mudassir Ali Program Studi Pembangunan,Fakultas Ekonomi,Universitas Madako Tolitoli

DOI:

https://doi.org/10.56630/paraduta.v3i1.499

Keywords:

Strategi Pengembangan Bisnis, Analisis SWOT, Bisnis Mebel Jepara Barokah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi peengembangan bisnis pada mebel Jepara Barokah dan bagaimana analisis SWOT terhadap strategi penegembangan bisnis pada mebel Jepara Barokah di Kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah. Penelitian ini menggunakan Metode Deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa bahwa strategi faktor internal yang dapat mempengaruhi pengembangan bisnis mebel yaitu, tidak memiliki sistem laporan keuangan secara sistematis dalam bentuk pembukuan, minimnya pemanfaatan teknologi internet dalam mempeluas daerah pemasaran. Dan strategi faktor eksternal yang menjadi ancaman dapat mempengaruhi pengembangan bisnis mebel seperti, banyaaknya pesaing yang menjual barang sejenis. Matriks SWOT menggambarkan secara jelas peluang dan ancaman eksternal yang dihadapi mebel Jepara Barokah, dengan disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Kata Kunci : Strategi Pengembangan Bisnis, Analisis SWOT, Bisnis Mebel Jepara Barokah

References

David. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Saparudin. 2008. Strategi Pengembangan Bisnis Roti Tanjong Di Kecamatan Samalangka Kabupaten Bireuen. Jurnal S Pertanian, Vol. 1 No. 3, 223-233.

Hardani et al. 2010. Analisis penentuan strategi dalam Lingkungan Bisnis Yang Kompetetif Studi Kasus pada PT. Pelindo IV (Persero). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, Vol. 4 No. 1, 33-48.

Sarita, dan suprianto. 2022. Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Determinan dan Prospeknya. Jurnal Ekonomi dan Studi Pengembangan, Vol. 9 No. 1, 44-45.

Lubis dan andayani. 2013. Model Implementasi Strategi Sebagai Determinan Kinerja Perusahaan. Jurnal Manajemen Teknologi, Vol. 12 No. 1, 65-74.

Hafisah. 2010. Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Udang Beku PT.Mustika Mina Nusa Aurora Tarakan, Kalimantan Utara. Jurnal Galung Tropika, Vol. 4 No. 1, 60-67.

Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Balai Pustaka

Sukmadinata. 2020. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Fitri Amalia. (2012). Pengelolaan dan Pengembangan Bisnis Furniture pada UD. Ethnic Furniture

Moleong. (2010). Analisis Perencanaan Strategi Bisnis pada UKM Mebel Bambu di Kabupaten Purworejo.

Sri Riskiani. (2014). Strategi Pengembangan Produk Olahan Rotan Industri Mebel Kaili Jaya di Palu

Published

2025-02-22

How to Cite

Febrianto, Kasim, F., & Ali, M. (2025). Strategi Pengembangan Bisnis Mebel Jepara Barokah Di Kabupaten Tolitoli. Paraduta : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1), 35–39. https://doi.org/10.56630/paraduta.v3i1.499

Issue

Section

Artikel