Kehandalan dalam Pelayanan Cuti dan Izin Pegawai Negeri Sipil di BKPSDM Kabupaten Tolitoli
DOI:
https://doi.org/10.56630/paraduta.v1i2.462Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek kehandalan BKPSDM Kabupaten Tolitoli dalam pelayanan cuti dan izin Pegawai Negeri Sipil. Penelitian dilaksanakan dari bulan November 2022 s/d Januari 2023 di BKPSDM Kabupaten Tolitoli, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan berjumlah 7 orang yang terpilih dengan teknik purposive sampling. Mereka terdiri dari 2 orang staf Sub Bidang Disiplin Pegawai, Kepala Sub Bidang Disiplin, 3 orang pegawai yang mengajukan cuti/ izin, dan Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian. Data dikumpulkan melalaui pengamatan, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis dengan teknik data kualitatif menurut Miles dan Huberman. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa aspek kehandalan dalam pelayanan cuti dan izin pegawai negeri sipil di BKPSDM Kabupaten Tolitoli belum terpenuhi. Kecepatan pelaksana dalam melayani pengurusan cuti dan izin terkendala karena dikerjakan secara manual; proses pengurusan yang melewati berbagai macam lembaga/ organisasi yang berkaitan pengusulan terutama izin cerai; dan proses disposisi dan verifikasinya yang melibatkan banyak pihak.
Referensi
BKPSDM Kabupaten Tolitoli. (n.d.). BKPSDM. BKPSDM Kabupaten Tolitoli. Retrieved July 16, 2023, from https://bkpsdm-tolis.com/
Busrowi & Sukidin. (2002). Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya: Insan Cendikia.
Febrianti, N. A., & Azmi, U. (2023). Pengembangan Sistem Pengajuan Cuti Online Pegawai Di Rumah Sakit Umum Anwar Medika. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 9(2), 63–69. https://doi.org/10.7454/arsi.v9i2.6791
Harding, D., Kadiyono, A. L., Hidayat, Y., & Yuniarti, N. (2018). Human resource training and development asan answer toaec challenge. Jurnal Psikologi Sains Dan Profesi, 2(2), 185–192.
Iqbal, M., & Jamaluddin, I. I. (2023). Aspek Jaminan Pengurusan Karis / Karsu Di BKPSDM Kabupaten Tolitoli. PARADUTA: Jurnal Ekonomi Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 1(2), 40–44. https://ojs.umada.ac.id/index.php/Paraduta/article/view/312
Juwita, G. S., Marlinae, L., Rahman, F., Studi, P., Masyarakat, K., Kedokteran, F., Lambung, U., Kesehatan, D., Program, L., Kesehatan, S., Fakultas, M., Mangkurat, U. L., Universitas, K., Mangkurat, L., Length, A., & Stay, O. (2017). Di Rumah Sakit Umum Daerah Tamiang Layang. 4(2), 49–56. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/JPKMI/article/view/3841
Lubis, H. A., & Abdul Rasyid, Z. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI PELAYANAN KELURAHAN BAGELEN KOTA TEBING TINGGI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam Dan Humaniora, 6(1), 138–158. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/attazakki/article/view/12867
Maulani, W. (2020). Penerapan Electronic Government Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Kasus Program E-Health Di Kota Surabaya). AS-SIYASAH: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 5(2), 44–54. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/Asy/article/view/3248%0Ahttps://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/Asy/article/download/3248/2378
Mernawati, D., & Zainafree, I. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Lamper Tengah Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang. Public Health Perspective Journal, 1(1), 45–52. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/phpj/article/view/7755
Rachman, A., & Effiyaldi, E. (2023). Sistem Informasi Cuti Pegawai Berbasis Web Pada Universitas Jambi. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 8(1), 55–66. https://doi.org/10.33998/jurnalmsi.2023.8.1.763
Raranta, J. (2022). Analisis Pelayanan Kenaikan Pangkat Aparatur Sipil Negara pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Administro: Jurnal Kajian Kebijakan Dan Ilmu Administrasi Negara, 4(2), 24–29. https://doi.org/10.53682/administro.v4i2.5711
SIMANJUNTAK, A. R. (2022). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PEMATANGSIANTAR. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7959
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RdanD. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RdanD. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandi & Diana, A. (2003). Total Quality Management. Yogyakarta: Andi Offset.
Usniati, M. (2011). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.