Kinerja Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Kecamatan Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat

Penulis

  • Asep Rukmana Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nurtanio
  • Dini Maryani Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nurtanio

DOI:

https://doi.org/10.56630/paraduta.v3i3.1480

Kata Kunci:

Kinerja Pelayanan, Administrasi Kependudukan, Kecamatan Sindangkerta

Abstrak

Pelayanan administrasi kependudukan merupakan layanan publik yang sangat penting bagi masyarakat, namun dalam praktiknya sering dijumpai permasalahan seperti terbatasnya sumber daya manusia baik jumlah maupun kompetensi teknis, rendahnya kualitas layanan dan keterbatasan staf, kendala teknologi seperti seringnya gangguan jaringan dan belum optimalnya sistem informasi administrasi kependudukan, dan lain sebagainya. Permasalahan tersebut berdampak pada tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Kecamatan Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat, dengan berfokus pada dimensi produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pelayanan administrasi kependudukan di Kecamatan Sindangkerta tergolong cukup baik. Dari aspek produktivitas, pelayanan sudah mampu memenuhi sebagian besar kebutuhan masyarakat meskipun terkendala keterbatasan aparatur. Kualitas pelayanan dinilai baik, terutama dari segi sikap pegawai, meskipun waktu tunggu masih menjadi keluhan. Responsivitas pegawai terlihat dalam upaya menanggapi keluhan masyarakat, namun belum merata pada semua jenis layanan. Responsibilitas berjalan baik karena adanya aturan dan SOP, walaupun sebagian masyarakat masih belum mematuhi persyaratan dokumen. Akuntabilitas pelayanan relatif terjaga dengan prosedur yang jelas, meski pengawasan internal masih perlu diperkuat.

Referensi

Agus Dwiyanto,(1995) Penilaian kinerja organisasi pelayanan publik". Seminar Kinerja Organisasi Sektor Publik, Kebijakan dan Penerapannya, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. hal : 48-49

Agus Kurniansyah, (2023), Produktivitas Program Penyaluran Pupuk Urea Bersubsidi Desa Gelarwangi Kecamatan Cidaun Kabupaten Cianjur, Bandung. hal : 42

Agus Sofyan, (2011) Kinerja Pelayanan Kependudukan Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bandung Barat, Papua. hal : 55

Bandung. hal : 67

Bungin, (2007), Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. hal : 115-117

Dwight waldo, (2003), The Study of Public Administration. Public Administration. Jakarta. hal : 33

Gibson, (1997), Hukum Administrasi Negara, Graha Indonesia, Jakarta, hal : 30-35

Hakim, (2014), Pilihan Penyelesaian Sengketa di Luar pengadilan dan Adinistrasi. PT Citra Aditya Bakti, Bandung. hal : 520

Indradi, (2010), Administrasi Negara, Graha Indonesia, Jakarta, hal : 3

Kumorotomo, (2005), Administrasi Publik (Jakarta : PT. Raja Grapindo Persada) hal : 102

Mahmudi, (2010), Manajemen Keuangan Daerah. Jakarta: Penerbit Erlangga. hal : 228

Mahsun, (2006), Pengertian Kinerja (Jakarta : PT. Remaja Rosdakarya) hal: 25

Mangkunegara, (2006), Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. hal : 30-35

Mangkunegara, (2009), Manajemen Sumber Daya Manusia. Remaja Rosdakarya.

Moenir, (2006), Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara. hal: 164

Osborne dan David, (2000), Mewirausahakan Birokrasi (Reinventing Government). Lembaga Manajemen PPM, Jakarta. hal : 195

Ratminto dan Atik, (2005), Manajemen Pelayanan , Pustaka Pelajar, Yogyakarta. hal: 2-3

Safriadi, (2021), Pelayanan Administrasi Kependudukan di Gampong Keumumu Halu Kecamatan Labuhanhaji Timur Kabupaten Aceh Selatan, Banda Aceh. hal : 114

Saputra, (2019), Pelayanan Public Administrasi, Jakarta, hal : 101

Sedarmayanti, (2009), ManajemenS umber Daya Manusia : Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negero Sipil ( Bandung : Refika Aditama) hal : 260

Siagian, S.P , (1994), Administrasi Publik : Teori dan Praktik (Jakarta : PT Bumi Aksara) hal : 35

Siswandi, (2011), Buku Administrasi Logistik & Gudang, Pustaka Pelajar. hal : 104

Soedjadi, (2010), Administrasi Publik, Jakarta: Pustaka Pelajar. hal : 71

Sugiyono,(2014-2018), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung : Alfabeta) hal : 38, hal : 218-219, hal : 109 - 110

Suharsimi, (1997), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis (Jakarta : Rineka Cipta, hal : 18)

Tjiptono, (2005), Pemasaran Jasa (Yogyakarta : Andi) hal : 17

Umar, (2010), Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. hal : 103

Wibowo, (2007), Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. hal : 7

Yunus, (2010), Metodologi Penelitian Wilayah Kontemporer, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. hal : 358

Zauhar, (2001), Politik Hukum Di Indonesia, Rajawali Pers, Jakarta, hal : 32

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-08

Cara Mengutip

Rukmana, A., & Maryani, D. (2025). Kinerja Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Kecamatan Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat. Paraduta : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 3(3), 167–175. https://doi.org/10.56630/paraduta.v3i3.1480

Terbitan

Bagian

Artikel