Analisis Aspek Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha Toko Sayur Mayur Desa Bogempinggir Kecamatan Balongbendo Dalam Perspektif Studi Kelayakan Bisnis
DOI:
https://doi.org/10.56630/paraduta.v3i2.932Keywords:
Pemasaran, Toko Sayur, Studi Kelayakan BisnisAbstract
Toko sayur memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat, terutama melalui sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek pemasaran dalam meningkatkan daya saing usaha toko sayur di Desa Bogempinggir, Kecamatan Balongbendo. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini mengidentifikasi strategi pemasaran yang inovatif, seperti menjalin kemitraan dengan petani lokal, menyediakan layanan pemesanan online, serta menawarkan paket hemat yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pemasaran berbasis empat pilar pasar sasaran, kebutuhan pelanggan, pemasaran terpadu, dan profitabilitas dapat membantu menghadapi tantangan yang muncul, seperti fluktuasi harga dan kompetisi dengan minimarket. Penelitian ini memberikan wawasan untuk mengembangkan toko sayur secara berkelanjutan dan berpotensi memberikan dampak ekonomi yang signifikan.
References
Afriansayah. “Analisis Strategi Pengembangan Usaha Agribisnis Kios/Toko Sayur Di Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat.” Journal of Agribusiness and Community Development (AGRIVASI) 1, no. 2 (2021): 80–81.
Aliefah, Aniesatun Nurul, and Eka Arilia Nandasari. “Analisis Kelayakan Bisnis Ditinjau Dari Aspek Pemasaran Dan Keuangan Pada Kedai Olan’z Food Kebumen.” LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam 6, no. 01 (2022): 43. https://doi.org/10.33507/labatila.v5i02.475.
Arifudin, Opan, Yayan Sofyan, and Rahman Tanjung. “Studi Kelayakan Bisnis Telur Asin H-Organik.” Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis 4, no. 2 (2020): 343. https://doi.org/10.31294/jeco.v4i2.8199.
Harmawan Teguh Saputra, Ferda Maryatul Rif’ah, and Bayu Andrianto. “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM.” Journal Economy Management Business and Entrepreneur 1, no. 1 (2023): 29–37. https://doi.org/10.57235/mantap.v2i1.1592.
Mohamad, Rifki, and Idris Yanto Niode. “Analisis Strategi Daya Saing (Competitive Advantage) Kopia Karanji Gorontalo.” Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis 13, no. 1 (2020): 2. https://doi.org/10.37479/jkeb.v13i1.7062.
Mutiara Sandi, Indah. “Analisa Kelayakan Bisnis Terhadap Aspek Ekonomi, Sosial, Dan Politik Menggunakan Metode Deskriptif Kualitatif.” Jurnal Pusdansi 2, no. 4 (2022): 2. http://pusdansi.org/index.php/pusdansi/article/view/136%0Ahttp://pusdansi.org/index.php/pusdansi/article/download/136/139.
Nuraini, Rita, Zainul Arifin, and Nikmatul Khoiriyah. “JU-Ke (Jurnal Ketahanan Pangan) ~ 241 Ciptaan Disebarluaskan Di Bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. JU-Ke (Jurnal Ketahanan Pangan) ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN SAYURAN DI PASAR MODERN ORO-ORO DOWO KEC. KLOJEN KOTA MAL” 7, no. 2 (2023): 242. http://riset.unisma.ac.id/index.php/JU-ke/indexhttp://dx.doi.org/10.33474/JU-ke.
Rofa, Iir Tsamrotur, Ade Rizki Meilani, Nur Mija an Hasibu, Ahmad Kurnia Nasution, and Suhairi Suhairi. “Analisis Aspek Pemasaran Dalam Studi Kelayakan Bisnis.” VISA: Journal of Vision and Ideas 1, no. 2 (2021): 226–28. https://doi.org/10.47467/visa.v1i2.945.
Solin, Naia Fingkani, Universitas Islam, Negri Sumatera, Mardiah Oktaviani, Universitas Islam, Negri Sumatera, Wan Nurjanah, Universitas Islam, and Negri Sumatera. “Aspek Pemasaran.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen 3, no. 2 (2025): 453.
Somalay, Elisabeth Anggraeni, Martua Hutabarat, and Diana Nurini Irbayanti. “Jurnal Sosio Agri Papua Vol 11 No 1 Juni 2022.” Sosio Agri Papua 12, no. 1 (2023): 56. files/806/228786408.pdf%0Afiles/792/Nainggolan et al. - 2022 - Jurnal Sosio Agri Papua Vol 11 No 1 Juni 2022.pdf.
Wahyuni, Wahyuni, Muhammad Latiful Fatih, Raissa Muthia Syahrani Hsb, Sakina Sakina, and Suhairi Suhairi. “Analisis Studi Kelayakan Bisnis Dalam Aspek Produksi.” VISA: Journal of Vision and Ideas 2, no. 2 (2022): 127–28. https://doi.org/10.47467/visa.v2i2.960.