Kualitas Pelayanan Adminstrasi Kependudukan di Kantor Desa Buntuna Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli

Authors

  • Nursifa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universita Madako Tolitoli
  • Asria Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universita Madako Tolitoli

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Administrasi Kependudukan, Desa, Pelayanan Publik.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Desa Buntuna. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi, dengan delapan informan yang dipilih secara purposive, serta Kepala Desa sebagai informan kunci. Analisis kualitas pelayanan didasarkan pada lima indikator, yaitu keandalan (reliability), bukti fisik (tangible), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan belum sepenuhnya memuaskan masyarakat. Indikator keandalan belum tercapai karena standar operasional prosedur kurang jelas. Indikator bukti fisik telah terpenuhi melalui fasilitas yang memadai. Ketanggapan masih rendah akibat kurangnya kedisiplinan aparat desa. Jaminan pelayanan telah dirasakan melalui kepastian tanpa kesalahan dan biaya yang transparan. Empati juga telah terpenuhi melalui sikap sopan, ramah, dan adil dalam pelayanan. Temuan ini mengindikasikan perlunya perbaikan pada aspek keandalan dan ketanggapan guna meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di tingkat desa

References

Anggra, S. 2015. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV Pustaka Setia.

Bintarto, R. 2010. Interkasi Desa Kota dan Permasalahannya. Jakarta: Ghalia Indonesia 1983.

Davis, Heineke. 2003. Managing Services: Using Technology to create value. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Lestari, Ayu. 2021. Jurnal Kinerja Aparat Pemerintah Desa di Desa Buntuna Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli. Tolis Ilmiah.

Arfan, Abdul Wahid Safar B, M. M. B. (2023). Manajemen Pemerintah Dalam Pembangunan Desa Malambigu Di Kecamatan Dampal Utara Kabupaten Tolitoli.

Iqbal ; Nursifa. (2022). Implementasi penyaluran bantuan program keluarga harapan pada masa pandemi covid 19 di Kelurahan Nalu. 17(1978), 713–728.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur negara. (2003). Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 tentang yang menguraikan pedoman umum penyelenggaraan pelayanan publik.

Lestari, A., Nur’aini, A., & Arsyad, D. H. (2023). Implementation of Parking Retribution Policy: Increasing Original Regional Income in Baolan District, Tolitoli Regency. Forum Ilmu Sosial, 50(1), 1–15. https://doi.org/10.15294/fis.v50i1.39804

NN FitzSimmons, Alacs EA, A Georges, dan J. R. (2010). DNA detective: A review of molecular approaches to wildlife forensics. Med Pathol. https://doi.org/10.1371/Dalton

Nursifa. (2021). Implementasi Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Di Desa Basi Kecamatan Basi Dondo Kabupaten Tolitoli. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10).

Parasuraman. (2001). The Behaviorial Consequenses of Service Quality. jurnal of marketing.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 47. (2016). Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 47 Tahun 2016 tentang Administrasi Pemerintahan Desa.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 6 Tahun. (2016). Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 6 Tahun 2016 tentang tugas dan fungsi perangkat desa.

Ratnasari, R. T. dan M. A. (2011). Teori dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa. Ghalia Indonesia.

Sawir, M. (2017). Kualitas Pelayanan Akademik Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Madako Kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah. Katalogis, 5(2), 68–78.

Sugiyono. (2010). Statistika untuk penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 2nd ed. edited by M. Dr. Ir. Sutopo S.Pd. Alfabeta. https://doi.org/10.33367/ji.v10i2.1243.93

Supriyanto S, E. (2010). Mempromosikan Industri Administrasi Kesejahteraan. Andy.

Tjiptono. (2012). Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer. Andy.

Tjiptono. (2014). Administrasi Mempromosikan Standar, Penerapan dan Eksplorasi. Andy.

Tjiptono. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan (Edisi 1). Andy.

Undang - Undang Dasar. (1945). Undang - Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan.

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah Pasal 1 ayat 2.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 Tentang Pemerintahan Desa.

Published

2025-05-20

How to Cite

Nursifa, & Asria. (2025). Kualitas Pelayanan Adminstrasi Kependudukan di Kantor Desa Buntuna Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli . Paraduta : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 3(2), 68–75. Retrieved from https://ojs.umada.ac.id/index.php/Paraduta/article/view/907

Issue

Section

Artikel