Pengaruh Profesionalisme Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Camat Tandun Kecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu

Authors

  • Lisa Lisa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Ikhwani Ratna Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.56630/paraduta.v2i3.711

Keywords:

Profesionalisme, Pelayanan, Publik

Abstract

Profesionalisme birokrasi ini menjadi sangat penting sebab tingkat kebutuhan dan kepentingan masyarakat yang sudah semakin kompleks. Untuk itu, dalam rangka memperbaiki kesan birokrasi agar menjadi birokrasi yang profesional sehingga mampu memberikan pelayanan publik yang prima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar profesionalisme berpengaruh terhadap Kualitas pelayanan publik Di Kantor Camat Tandun Kecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pegawai Kantor Camat Tandun Kecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu sebanyak 35 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 35 orang. Teknis analisis data dalam penelitian ini adalah regresi linier menggunakan SPSS V.25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel Profesionalisme (X) terhadap Kualitas pelayanan publik dimana t hitung 2,797 > t tabel 2,034 atau signifikansi 0,009 < 0,05. Adapun persentase pengaruh variabel tersebut sebesar 56,2% sedangkan sisanya 43,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini

References

Atik Purwandari, A. (2008). Konsep kebidanan sejarah dan profesionalisme. EGC.

Djaali, H. (2023). Psikologi pendidikan. Bumi Aksara.

Dwiyanto, A. (2021). Mewujudkan good governance melalui pelayanan publik. Ugm Press.

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 19. (Edisi 5). Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamalik, O. (2008). Model-model pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Hardiyansyah, H. (2018). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Gava Media.

Kurniawan, A. (2005). Transformasi Pelayanan Publik Pembaharuan. Yogyakarta: Citra Media.

Pertiwi, R. D. (2021). Pemasaran Jasa Pariwisata (Dilengkapi dengan Model Penelitian Pariwisata Gedung Heritage di Bandung Raya). Deepublish.

Rangkuti, Freddy. (2006). Analisis SWOT Teknik membedahKasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Sedarmayanti, G. (2004). Membangun Sistem Manajemen Kinerja Guna Meningkatkan Produktivitas Menuju Good Governance (Kepemerintahan yang baik). Penerbit Mandar Maju, Bandung, 2(3), 4.

Siagian, S. P. (2008). Administrasi Pembangunan, Jakarta: Bumi Aksara.

Silaen, Sofar. (2018). Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: IN MEDIA.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Syahrum, S., & Salim, S. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif.

Tangdiasik, Y. (2019). Pengaruh Profesionalisme Terhadap Kinerja Pengawasan Keuangan Daerah Kantor Inspektorat Provinsi Papua. Dinamis, 16(1), 34-41.

Tjiptono, F. (2014). Strategi Pemasaran, ed. 3, Andi Offset. Yogyakarta

Wardan, K. (2019). Guru sebagai profesi. Deepublish.

Yamit, Z. (2005). Manajemen kualitas produk dan jasa.

Published

2024-10-27

Issue

Section

Artikel