Analisis Peran Etika Bisnis Islam Dalam Membentuk Reputasi Usaha Pada UMKM Jajanan Mbah Yuli
DOI:
https://doi.org/10.56630/paraduta.v2i2.625Keywords:
Etika Bisnis dalam Islam, Bisnis, Reputasi Usaha, UMKMAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana perbedaan antara etika bisnis kovensional dengan etika bisnis islam yang sesuai dengan syariat islam dan untuk mengetahui pentingnya suatu etika bisnis islam mempengaruhi reputasi UMKM jajanan mbah yuli .Untuk menjalin hubungan dengan orang lain, etika sangat penting dalam dunia bisnis. Selain itu, penerapan etika perusahaan yang baik dapat meningkatkan reputasi usaha pada UMKM jajanan mbah yuli, meningkatkan komunikasi, dan menumbuhkan rasa saling percaya di antara penjual dan pembeli serta mencegah kesalahpahaman di antara mereka. Terdapat pelanggaran etika bisnis yang salah satunya ada pada UU No.30 Pasal 17 ayat 1 yang berbunyi “barang siapa yang dengan sengaja dan tanpa hak menggunakan Rahasia Dagang pihak lain atau melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13 atau Pasal 14 dipidana dengan pidana penjara paling lama dua tahun atau denda paling banyak Rp. 300.000.000.,00 (tiga ratus juta rupiah)” Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan kepustakaan untuk mengumpulkan pendapat para ahli tentang etika bisnis islam dan peranannya dalam usaha. Dalam segala hal, etika bisnis dapat diterapkan. Ada beberapa ide yang membedakan etika bisnis syariah dari etika bisnis konvensional. Selain itu, pengaruh penerapan etika bisnis islam pada reputasi usaha umkm jajanan Mbah Yuli
References
A. Indi Zein (2020) “Implementasi Konsep Etika Bisnis Islam Dalam Pelayanan Perbankan”. Institut Agama Islam Negeri Bone. Available at: http://repositori.iain-bone.ac.id/291/1/combinepdf.pdf.
Al-Qur’an (2024a) Al-Baqarah ayat 16. Available at: https://quran.nu.or.id/al-baqarah/16.
Al-Qur’an (2024b) Al-Isra’ ayat 35. Available at: https://doi.org/https://quran.nu.or.id/al-isra’/35
AL-Qur’an (2024) An-Nisa’ ayat 29. Available at: https://quran.nu.or.id/an-nisa’/29 .
Andres Dharma Nurhalim (2023) ‘Pentingnya Etika Bisnis Sebagai Upaya dalam Kemajuan Perusahaan’, Jurnal Ilmu komputer dan bisnis, 14(2), pp. 11–20.
Aswand Hasoloan (2018) ‘Peranan Etika Bisnis dalam Perusahaan Bisnis’, Jurnal Warta, pp. 1–2. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.46576/wdw.v0i57.141.
Bengu, H., Kelin, S. and Hadjon, R. (2023) ‘Penerapan Etika Bisnis Dalam Kegiatan Umkm Di Era Digital’, Jurnal Teknologi Informasi, manajemen, komputer, dan rekayasa sistem cerdas, 2(1). Available at: https://ojs.cbn.ac.id/index.php/timor_cerdas/article/view/1243.
Butarbutar, B. (2019) ‘Peranan Etika Bisnis dalam Islam’, Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(2). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.31933/jimt.v1i2.77.
Dr. Ika Yunia Fauzia (2018) etika bisnis islam. Prenada Media. Available at: https://books.google.co.id/books/about/Etika_Bisnis_dalam_Islam.html?id=hF4CEAAAQBAJ&redir_esc=y.
Dr. Salim Al Idrus (2021) Manajemen Kewirausahaan. malang: Media Nusa Creative.
Harahap, N.A. et al. (2023) ‘Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan di Percetakan CV. Citra Medan’, jurnal ekonomi dan keuangan, 1(4), p. 17. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.61132/moneter.v1i4.32.
khairan konadi (2024) Etika dalam Bisnis Konvensional dan Bisnis Islam. Available at: https://www.academia.edu/43853303/Etika_Dalam_Bisnis_Konvensional_Dan_Bisnis_Islam ) .
Meithiana Indrasari (2019) Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. 2019th edn. surabaya: unitomo press. Available at: http://repository.unitomo.ac.id/2773/1/Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan.pdf.
Ramdani, D. et al. (2024) ‘Kajian Literatur : Peranan Etika Dalam Suatu Perusahaan Bisnis’, Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce, 3(1). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.30640/digital.v3i1.
Syahdanur1, S. and Suryani, ; Susie (2018) ‘Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bengkalis-Riau’, Jurnal Ekonomi KIA, 29(1–10).