Kualitas Pelayanan Surat Keterangan Izin Usaha Pada Kantor Kelurahan Talise Kecamatan Mantikulore Kota Palu

Authors

  • Ade Irma Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pembangunan palu

DOI:

https://doi.org/10.56630/paraduta.v2i1.563

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas Pelayanan Surat Keterangan Izin usaha pada kantorKelurahan Talise Kecamatan mantikulore. Dasar Penelitian ini menggunakanMetode Kualitatif, dan tipe PenelitianinimenggunakanPendekatanDeskriptif.dalampenelitianini,penelitimencobamengungkapkankebenaransebenarnya mengenai tentang kualitas pelayanan surat keterangan izin usaha pada kantor kelurahan talise kecamatanmantikulore. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dari orang yang mengetahui melalui Observasi,wawancara dandokumentasi,Berdasarkan hasil penelitian inidapat disimpulkan bahwa dari beberapa indicator izin usaha padakantor kelurahan talise kecamatan mantikulore dapat dikatakan bahwa belum semuanya optimal terutamadalam halterkait kecepatan pada kantor Talise Kecamatan Mantikulore Kota Paludalam pengurusan izin usaha masih belummaksimal.Kata Kunci: Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan, Keadilan   

Author Biography

Ade Irma, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pembangunan palu

STIA Pembangunan Palulektor

References

Moenir, H. A.S, 2001, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta.

Moleong. Lexy. J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja .

Mouw, Erland. 2013. Kualitas Pelayan Publik di Daerah (Sebuah Kajian Teoritis). Jurnal UNIERA, Volume 2 Nomor 2; Hal. 92-103.

Pasolong, Harbani, 2007. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Siagian Sondang P. 2001. Kerangka Dasar Ilmu Administrasi Jakarta. Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND.

Thoha, Miftah, 2009. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Undang-Undang Republik Indonesia No 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Published

2024-01-30

Issue

Section

Artikel