Analisis Peran Etika Bisnis Islam dalam Membentuk Reputasi Usaha pada UMKM Jajanan Mbah Yuli

Ratna Oktavina Rizky, Abdur Rohman

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana perbedaan antara etika bisnis kovensional dengan etika bisnis islam yang sesuai dengan syariat islam dan untuk mengetahui pentingnya suatu  etika bisnis islam mempengaruhi reputasi UMKM jajanan mbah yuli .Untuk menjalin hubungan dengan orang lain, etika sangat penting dalam dunia bisnis. Selain itu, penerapan etika perusahaan yang baik dapat meningkatkan reputasi usaha pada UMKM jajanan mbah yuli, meningkatkan komunikasi, dan menumbuhkan rasa saling percaya di antara penjual dan pembeli serta mencegah kesalahpahaman di antara mereka.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Indi Zein (2020) “Implementasi Konsep Etika Bisnis Islam Dalam Pelayanan Perbankan”. Institut Agama Islam Negeri Bone. Available at: http://repositori.iain-bone.ac.id/291/1/combinepdf.pdf.

Al-Qur’an (2024a) Al-Baqarah ayat 16. Available at: https://quran.nu.or.id/al-baqarah/16.

Al-Qur’an (2024b) Al-Isra’ ayat 35. Available at: https://doi.org/https://quran.nu.or.id/al-isra’/35

AL-Qur’an (2024) An-Nisa’ ayat 29. Available at: https://quran.nu.or.id/an-nisa’/29 .

Andres Dharma Nurhalim (2023) ‘Pentingnya Etika Bisnis Sebagai Upaya dalam Kemajuan Perusahaan’, Jurnal Ilmu komputer dan bisnis, 14(2), pp. 11–20.

Aswand Hasoloan (2018) ‘Peranan Etika Bisnis dalam Perusahaan Bisnis’, Jurnal Warta, pp. 1–2. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.46576/wdw.v0i57.141.

Bengu, H., Kelin, S. and Hadjon, R. (2023) ‘Penerapan Etika Bisnis Dalam Kegiatan Umkm Di Era Digital’, Jurnal Teknologi Informasi, manajemen, komputer, dan rekayasa sistem cerdas, 2(1). Available at: https://ojs.cbn.ac.id/index.php/timor_cerdas/article/view/1243.

Butarbutar, B. (2019) ‘Peranan Etika Bisnis dalam Islam’, Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(2). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.31933/jimt.v1i2.77.

Dr. Ika Yunia Fauzia (2018) etika bisnis islam. Prenada Media. Available at: https://books.google.co.id/books/about/Etika_Bisnis_dalam_Islam.html?id=hF4CEAAAQBAJ&redir_esc=y.

Dr. Salim Al Idrus (2021) Manajemen Kewirausahaan. malang: Media Nusa Creative.

Harahap, N.A. et al. (2023) ‘Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan di Percetakan CV. Citra Medan’, jurnal ekonomi dan keuangan, 1(4), p. 17. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.61132/moneter.v1i4.32.

khairan konadi (2024) Etika dalam Bisnis Konvensional dan Bisnis Islam. Available at: https://www.academia.edu/43853303/Etika_Dalam_Bisnis_Konvensional_Dan_Bisnis_Islam ) .

Meithiana Indrasari (2019) Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. 2019th edn. surabaya: unitomo press. Available at: http://repository.unitomo.ac.id/2773/1/Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan.pdf.

Ramdani, D. et al. (2024) ‘Kajian Literatur : Peranan Etika Dalam Suatu Perusahaan Bisnis’, Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce, 3(1). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.30640/digital.v3i1.

Syahdanur1, S. and Suryani, ; Susie (2018) ‘Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bengkalis-Riau’, Jurnal Ekonomi KIA, 29(1–10).




DOI: http://dx.doi.org/10.56630/paraduta.v2i2.625

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indeks By:

     


KANTOR EDITORIAL

Paraduta : Jurnal Ekonomi dan Ilmu-Ilmu Sosial

PRODI MANAJEMEN, UNIVERSITAS MADAKO TOLITOLI 

Jl. Madako No. 1 Kelurahan Tambun
Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah. Indonesia. 
Telepon: 085228098616

Email: paraduta87@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.