Kurang Tersedianya Peralatan Kesehatan Dan Sumber Daya Manusia Yang Terlatih Di TK Sekar Belia

Penulis

  • Alfia Cintya Ningrum Universitas Negeri Semarang
  • Evicha Lutfiana Sriyono Universitas Negeri Semarang
  • Intan Puspita Ditanuvanda Universitas Negeri Semarang
  • Dannella Ettiyana Putri Universitas Negeri Semarang
  • Amirul Mukminin Universitas Negeri Semarang
  • Reni Pawestuti Ambari Sumanto Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56630/jenaka.v1i3.406

Abstrak

Pada penelitian ini membahas tentang pentingnya pendidikan kesehatan di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan fokus pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Anak usia dini merupakan masa emas dalam perkembangan anak, lingkungan sekolah yang sehat dapat mempengaruhi tumbuh kembangnya. Lembaga PAUD Sekar Belia merupakan objek penelitian yang telah menerapkan TRIAS UKS namun mengalami kendala dalam penerapannya. Metode penelitian meliputi observasi dan wawancara dengan pendidik, serta pelaksanaan kegiatan PKM di TK Sekar Belia. Hasil penelitian menunjukkan antusiasme orang tua dan kendala yang mereka hadapi dalam pelaksanaan UKS di lembaga tersebut. Melalui kegiatan PKM, tim berhasil memberikan pemahaman dan solusi terkait implementasi TRIAS UKS, termasuk perlindungan alat kesehatan. Penelitian ini berfungsi sebagai evaluasi dan memberikan rekomendasi untuk perbaikan pelaksanaan UKS di lembaga PAUD.Kata kunci : Penyuluhan kesehatan, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), UKS TRIAS, lembaga PAUD Sekar Belia, observasi, wawancara, administrasi, alat kesehatan.

Referensi

Fitriani, E., Latif, V. N., & Yuniarti. (2018). Pelaksanaan Program UKS di SMA Negeri 3 Pekalongan. Jurnal Kesehatan Pena Medika, 8(1), 54–63. https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/medika/article/view/748.

Mukminin, A., & Tasu’ah, N. (2016). PENGEMBANGAN MODEL LAYANAN PROGRAM USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) TERINTEGRASI PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI KOTA SEMARANG (STUDI PADA LEMBAGA TAMAN KANAK-KANAK DI KOTA SEMARANG).

Journal of Nonformal Education, 33(2), 117–126. https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/medika/article/view/748

Mulianah Khaironi. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35

Nugroho, R. (2017). Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 6(3), 1–5. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pjkr/article/viewFile/5949/5684

PAUD, D. (2021). Pedoman pelaksanaan bantuan satuan pendidikan anak usia dini yang melaksanakan usaha kesehatan sekolah (Issue 20).

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-05

Cara Mengutip

Ningrum, A. C., Sriyono, E. L., Ditanuvanda, I. P., Putri, D. E., Mukminin, A., & Sumanto, R. P. A. (2023). Kurang Tersedianya Peralatan Kesehatan Dan Sumber Daya Manusia Yang Terlatih Di TK Sekar Belia. Jurnal Cendekia Mengabdi Berinovasi Dan Berkarya, 1(3), 96–100. https://doi.org/10.56630/jenaka.v1i3.406

Terbitan

Bagian

Artikel