Peningkatan Pemahaman Masyarakat Pesisir Tentang Pelayanan Adminstrasi Publik di Dusun Salu Kelurahan Nalu Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli

Penulis

  • Ayu Lestari Universitas Madako Tolitoli
  • Daniati Hi Arsyad Universitas Madako Tolitoli
  • Andi Nur’aini Universitas Madako Tolitoli
  • Nursifa Nursifa Universitas Madako Tolitoli
  • Muhammad Iqbal Universitas Madako Tolitoli
  • Abdul Wahid Safar Universitas Madako Tolitoli

DOI:

https://doi.org/10.56630/jenaka.v1i2.254

Abstrak

Wilayah Pesisir di dusun Salu Kelurahan Nalu merupakan salah satu wilayah yang terisolir, sebagian besar masyarakatnya masih belum mendapatkan akses informasi yang cukup dalam mendukung proses pelayanan administrasi publik yang baik, karena faktor tingkat pendidikan yang rendah sebagian besar masyarakatnya belum memahami alur dan proses terkait pelayanan  administrasi. Untuk  memberikan pemahaman bagi masyarakat wilayah pesisir dusun Salu terkait proses pelayanan dan penyelenggaraan pelayanan administrasi publik. Langkah yang paling tepat adalah mensosialisasikan kepada masyarakat terkait pelayanan administrasi publik.  Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilakukan Pada Hari Selasa, Tanggal 06 Desember tahun 2022. Bertempat di dusun Salu Kelurahan Nalu. Kegiatan ini dilakukan dengan cara bertemu langsung kepada masyarakat untuk menyampaikan materi sosialisasi. Adapun hasil dari sosialisasi tim PKM menunjukkan bahwa masyarakat sudah paham tentang pelayanan administrasi publik, dan diharapkan setelah sosialisasi ini dilakukan dapat meningkatkan partisipasi serta menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat pesisir untuk tertib administrasi.   

Biografi Penulis

Ayu Lestari, Universitas Madako Tolitoli

Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik

Referensi

Lestari Ayu. (2022). Pengantar Ilmu Adminstrasi Publik (Agus Hendrayady (ed.); 2022nd ed., Vol. 6). penerbit media sains indonesia (Cv Media Sains Inonesia).

Lodan, K. T., & Putra, B. M. (2019). Di Kecamatan Galang Kota Batam. 2. http://ejournal.fisip.unjani.ac.id/index.php/jurnal-academia-praja/article/view/123/93

Pasolong, H. (2015). Kepemimpinan Birokrasi. Bandung. In Alfabeta.

Rachman, M. T., Hidayat, R., & ... (2021). Peningkatan Pemahaman Standar Pelayanan Publik Di Desa Dasan Baru Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah. … Pengabdian Publik (JP …, 35–39.

Siregar, E. S. Y., Ghazali, T. M., Rosmasita, Manurung, D. F., Siburian, J. P., Rahimah, I., Ginatha, S., Rao, A., Wahyuni, E., & Sahraini. (2021). Gemar Makan Ikan untuk Kecerdasan Anak Sekolah di MTS Al-Maidar Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3), 455–464. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.5322

Unduhan

File Tambahan

Diterbitkan

2023-03-24

Cara Mengutip

Lestari, A., Arsyad, D. H., Nur’aini, A., Nursifa, N., Iqbal, M., & Safar, A. W. (2023). Peningkatan Pemahaman Masyarakat Pesisir Tentang Pelayanan Adminstrasi Publik di Dusun Salu Kelurahan Nalu Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli. Jurnal Cendekia Mengabdi Berinovasi Dan Berkarya, 1(2), 34–38. https://doi.org/10.56630/jenaka.v1i2.254

Terbitan

Bagian

Artikel