Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Tenaga Pendidik Di SMP Negeri 4 Sumberjaya Kabupaten Majalengka

Authors

  • Lanlan Muhria STKIP Yasika
  • Benny Anggara STKIP Yasika
  • Wily Wandari STKIP Yasika
  • Arip Amin STKIP Yasika
  • Asih Wiarsih STKIP Yasika
  • Dinda Maulida STKIP Yasika
  • Indri Zakiah Awaliyah STKIP Yasika
  • Elis Siti Solihah STKIP Yasika
  • Dedeh Nurrohmah STKIP Yasika
  • Yosi Rosilawati STKIP Yasika
  • Gilang Ramadhan STKIP Yasika
  • Ahmad Lani Jaenudin STKIP Yasika
  • Alfin Arizki STKIP Yasika

DOI:

https://doi.org/10.56630/jenaka.v1i2.339

Abstract

Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan dalam bentuk lokakarya ini bertujuan untuk memberikan penguatan pada implementasi Kurikulum Merdeka. Kegiatan ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Sumberjaya Majalengka. Metode PALS digunakan dalam pelaksanaan kegiatan, yakni: identifikasi masalah, analisis kebutuhan, rancangan lokakarya, pelaksanaan lokakarya, monitoring dan observasi, dan laporan serta tindak lanjut keberhasilan kegiatan. Hasil kegiatan lokakarya yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa guru di SMPN 4 Sumberjaya memahami kurikulum merdeka dan mampu mengimplementasikannya dalam sebuah rancangan pembelajaran dengan berbagai media dan modul ajar sesuai dengan panduan pembelajaran pada kurikulum merdeka.Kata kunci: implementasi kurikulum, kurikulum merdeka, tenaga pendidik 

References

Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andiarti, A., Herutami, N., Alhapip, L., Iswoyo, S., Hartini, Y., & Mahardika, R. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah (1st ed.). Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Julaeha, S., Hadiana, E., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Manajemen Inovasi Kurikulum: Karakteristik dan Prosedur Pengembangan Beberapa Inovasi Kurikulum. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 02(1), 1–26. https://doi.org/https://doi.org/10.1212/mj.v2i01.5338

Mayoux, L. (2005). Participatory action learning system (PALS): Impact assessment for civil society development and grassroots-based advocacy in Anandi, India. Journal of International Development, 17, 211–242. https://doi.org/10.1002/jid.1211

Ramadina, E. (2021). Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Mozaic Islam Nusantara, 7(2), 131–142. https://doi.org/10.47776/mozaic

Rozady, M. P. N., & Koten, Y. P. (2021). Scratch Sebagai Problem Solving Computational Thinking Dalam Kurikulum Prototipe. In Create (Inovasi Dan Kreasi Dalam Teknologi Informasi), 8(1), 11–17.

Situmorang, J. C. (2021). Pembelajaran Diferensiasi. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/jawanricitrasitumorang0113/602a30108ede4877a1286963/pembelajaran-diferensiasi

Tyler, R. W. (2013). Basic principles of curriculum and instruction (2nd ed.). Routledge.

Widiyono, A., Irfana, S., Firdausia, K., & Kunci, K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. METODIK DIDAKTIK Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(2), 102–107. https://doi.org/10.17509/md.v16i2.30125

Widodo, B. (2021). Implementasi Education 4.0 dan Merdeka Belajar dalam Matematika di Perguruan Tinggi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. PRISMA, 4, 1–7. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Published

2023-04-20

How to Cite

Muhria, L., Anggara, B., Wandari, W., Amin, A., Wiarsih, A., Maulida, D., … Arizki, A. (2023). Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Tenaga Pendidik Di SMP Negeri 4 Sumberjaya Kabupaten Majalengka. Jurnal Cendekia Mengabdi Berinovasi Dan Berkarya, 1(2), 52–57. https://doi.org/10.56630/jenaka.v1i2.339

Issue

Section

Artikel