Manajemen Dinas Perhubungan Dalam Penertiban Parkir Di Pasar Bumi Harapan Kabupaten Tolitoli
Abstrak
Tujuan penelitian untuk menganalisa secara dalam bagaimana manajemen Dinas Perhubungan Kabupaten Tolitoli dalam menertibkan parkir di Pasar Bumi Harapan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Jumlah informan sebanyak 7 orang yang dipilih melalui teknik purposive. Teori yang digunakan yakni teori manajemen menurut (George R. Terry, 2009) dengan indikator yang terdiri dari Planning, Organizing, Actuating, Controlling (POAC). Hasil penelitian; dari keempat indikator tersebut hanya satu yang sudah berjalan optimal yaitu planning, karena Dinas Perhubungan sudah melakukan perencanaan dan melaksanakan sosialisasi serta evaluasi secara rutin. Sedangkan indikator organizing belum terpenuhi karena Dinas Perhubungan terkendala oleh sarana dan prasarana sehingga mempengaruhi pencapaian target retribusi, serta banyak masyarakat yang tidak membayar retribusi parkir menyebabkan target yang ingin dicapai tidak terpenuhi. Begitupun indikator actuating juga belum terlaksana dengan baik, beberapa petugas parkir belum melaksanakan perintah secara optimal. Indikator berikutnya yang belum berjalan maksimal yaitu controlling, kurangnya pengawasan dan lemahnya komunikasi memicu terjadinya kecurangan atau kebocoran retribusi dari petugas parkir itu sendiri. Berdasarkan hasil analisa tersebut, maka manajemen Dinas Perhubungan dalam penertiban parkir di Pasar Bumi Harapan belum sepenuhnya berjalan dengan baik.