Perilaku Aparatur Desa Dalam Memberikan Pelayanan Publik Di Kantor Desa Ogolali Kabupaten Tolitoli
DOI:
https://doi.org/10.56630/jsp.v1i1.1363Keywords:
Perilaku Aparatur, Pelayanan Publik, Birokrasi Desa, Desa OgolaliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan secara mendalam perilaku aparatur Desa Ogolali, Kecamatan Dampal Utara, Kabupaten Tolitoli, dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengumpulkan data primer dan sekunder melalui teknik observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan kerangka teori perilaku birokrasi dari Miftah Thoha (2005), yang difokuskan pada tiga indikator kunci: kepedulian, kedisiplinan, dan tanggung jawab kerja. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa perilaku aparatur Desa Ogolali belum menunjukkan kinerja yang optimal. Secara spesifik, ditemukan manifestasi perilaku yang belum selaras dengan indikator yang ditetapkan: rendahnya tingkat kedisiplinan tercermin dari inkonsistensi jam kerja; minimnya kepedulian terlihat dari respons yang kurang proaktif terhadap kebutuhan masyarakat; dan kurangnya tanggung jawab kerja teridentifikasi dari adanya penundaan penyelesaian tugas. Kesimpulannya, ketiga aspek perilaku tersebut secara kolektif berkontribusi pada belum tercapainya kualitas pelayanan publik yang diharapkan, yang mengindikasikan perlunya pembinaan dan peningkatan kapasitas aparatur desa secara berkelanjutan.
References
Arifuddin, N. (2021). Bureaucratic Arrangement In The Government Administration Process Towards The Concept Of Public Service Based On Good Governance. Lambung Mangkurat Law Journal, 6(2), 163–175. https://doi.org/10.32801/abc.v6i2.131
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Hakim, H., Nawawi, J., & Allorante, A. I. (2014). Analysis In Behavior Bureaucracy Services Licensing In Parepare City (Case Study Service Issuance Permit of Place of Business, Trade Business License, and Construction Permits. International Journal of Scientific & Technology Research, 3(12), 342–346. https://www.ijstr.org/final-print/dec2014/Analysis-In-Behavior-Bureaucracy-Services-Licensing-In-Parepare-City-case-Study-Service-Issuance-Permit-Of-Place-Of-Business-Trade-Business-License-And-Construction-Permits.pdf
Haque, M. S. (2001). The Diminishing Publicness of Public Service under the Current Mode of Governance. Public Administration Review, 61(1), 65–82. https://doi.org/10.1111/0033-3352.00006
Hodgson, L., Farrell, C., & Connolly, M. (2007). Improving uk public services: a review of the evidence. Public Administration, 85(2), 355–382. https://doi.org/10.1111/J.1467-9299.2007.00647.X
Mifta Toha. (2005). Tentang Perilaku Birokrat.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). SAGE Publications.
Nalubega, T. and Uwizeyimana, D. E. (2024). Artificial intelligence technologies usage for improved service delivery in uganda. Africa’s Public Service Delivery and Performance Review, 12(1). https://doi.org/10.4102/apsdpr.v12i1.770
Piatak, J. and Jensen, C. (2024). Public Values And Sector Service Delivery Preferences: Public Preferences On Contracting From Simple To Complex Human Services. Public Administration Review, 84(5), 948-965. https://doi.org/10.1111/puar.13794
Purwadhi, P., Widjaja, Y. R., Irawati, I., & Lestari, N. D. P. (2024). Analisis Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Medis di Rumah Sakit. El-Mujtama, 4(6). https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i6.5242
Schuster, C., Mikkelsen, K. S., Rogger, D., Fukuyama, F., Hasnain, Z., Mistree, D., Meyer-Sahling, J., Bersch, K., & Kay, K. (2023). The Global Survey of Public Servants: Evidence from 1,300,000 Public Servants in 1,300 Government Institutions in 23 Countries. Public Administration Review, 83(4), 982–993. https://doi.org/10.1111/puar.13611
Semil, N., Islamy, M. I., Supriyono, B., & Parizade, B. (2013). Implementation of Excellent Service of Government Agency.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.