Pemberdayaan Suami Dalam Kelas Hamil Pro Untuk Meningkatkan Kesehatan Ibu Dan Keharmonisan Rumah Tangga
DOI:
https://doi.org/10.56630/tm.v3i2.954Kata Kunci:
Kelas Ibu Hamil, Dukungan Suami, kesehatan Maternal, keharmonisan rumah tangga, pengabdian masyarakatAbstrak
Kehamilan merupakan periode transformatif yang menuntut dukungan komprehensif bagi ibu. Peran suami sebagai support system utama seringkali terabaikan dalam program kelas ibu hamil konvensional. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengimplementasikan dan mengevaluasi "Kelas Hamil Pro Dukungan Suami" guna meningkatkan kesehatan ibu dan keharmonisan rumah tangga di Klinik Bidan Kualu Kampar, Metode pelaksanaan meliputi lokakarya interaktif, simulasi praktik, dan diskusi kelompok yang melibatkan 25 pasangan ibu hamil dan suami. Data dikumpulkan melalui kuesioner pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pengetahuan, serta kuesioner persepsi dukungan suami dan keharmonisan rumah tangga. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada skor pengetahuan ibu (dari cukup 48% menjadi baik 84%) dan suami (dari cukup 52% menjadi baik 80%), peningkatan persepsi dukungan suami (dari negatif 56% menjadi positif 84%), serta peningkatan persepsi keharmonisan rumah tangga (dari negatif 60% menjadi positif 80%). Program ini terbukti efektif dalam memberdayakan suami untuk terlibat aktif, yang berkorelasi positif dengan kesehatan maternal dan dinamika keluarga. Rekomendasi meliputi integrasi model ini ke dalam program Puskesmas maupun PMB dan pengembangan materi lanjutan.
Referensi
Acikgoz, A. (2023). Effect of antenatal class attendance on fear of childbirth and antenatal stress. 1–12.
Alizadeh-dibazari, Z., Abdolalipour, S., & Mirghafourvand, M. (2023). The effect of prenatal education on fear of childbirth , pain intensity during labour and childbirth experience : a scoping review using systematic approach and meta-analysis. 0, 1–26.
Dagla, C., Antoniou, E., Sarantaki, A., Iliadou, M., Mrvoljak-Theodoropoulou, I., Andersson, E., & Dagla, M. (2023). The Effect of Antenatal Education on Expectant Fathers’ Attitudes toward Breastfeeding and Attachment to the Fetus. Nursing Reports, 13(1), 243–254. https://doi.org/10.3390/nursrep13010023
Handayani, N., Azhar, K., Dharmayanti, I., T, D. H., H, P. S., Kelas, P., & Hamil, I. (2019). Penajaman Strategi Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil dalam Upaya Meningkatkan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Maternal Pendahuluan Metode Hasil. 5–8.
Helis sukawati, E. S. F. (2024). Efektifitas kelas ibu hamil terhadap kesiapan menghadapi Persalinan, Menghadapi Puskesmas Di Teluk Pucung,. 6, 968–974.
Januario, R. A., Sj, F., & Thoriquddin, M. (2022). Hakikat Dan Tujuan Pernikahan Di Era Pra-Islam Dan Awal Islam. JURNAL AL-IJTIMAIYYAH, 8(1), 2–18. https://doi.org/10.22373/al-ijtimaiyyah.v8i1.11007
Kilapong, C., Kawengian, D. D. V., & Waleleng, G. J. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Harmonisasi Pasangan Suami Istri Di Kelurahan Kleak. Komunikasi, 2(3), 1–17.
Kurniaty Ulfah, Y. N. (2023). Effectiveness of Family-Centered Care in Antenatal Class on Stress Reduction. 15(2), 450–459.
Limbong, T. (2021). Faktor Pendukung dan Penghambat Peran Pendampingan Suami Terhadap Isteri Pada Masa Kehamilan dan Persalinan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 475–483. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.635
Nasril, M., Ilmuddin, I., Laheng, S., Sondakh, R. C., Ali, M. M., Arhanudin, A., Fadila, F., Fatansya, M. R., Fadli, M., & Sudarman, I. (2024). Aksi Gizi Dan Penyuluhan Dalam Upaya Peningkatan Gizi Anak Dengan Mengkonsumsi Produk Peternakan. TOLIS MENGABDI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 16–20. https://doi.org/10.56630/tm.v2i1.618
Nurislamiah, M. (2019). Komunikasi Interpersonal Pasangan Suami Istri Dalam Hubungan Awal Pernikahan. 2, 2–3.
Sidik, A., Gobel, A. S., Anjani, D., Erika, E., Stevanus, F., Frida, F., Hendra, H., Prakasa, I., Riansyah, I. A., Jumardi, J., Mansur, M., Mirnawati, M., Hidayat, M., & Sondakh, R. C. (2023). Kuliah Kerja Nyata : Bakti Sosial Di Desa Ogomatanang Kabupaten Tolitoli Dalam Upaya Menciptakan Desa Bersih dan Sehat. 1(1), 6–10. https://doi.org/10.56630/tm.v1i1.331
Sinurat, L., Sipayung, R., & Simanjuntak, Y. (2021). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Keikutsertaan Kelas Ibu Hamil Di Klinik Bidan Wanti. JINTAN: Jurnal Ilmu Keperawatan, 1(2), 141–150. https://doi.org/10.51771/jintan.v1i2.121
Sriatmi, A., Suwitri, S., Shaluhiyah, Z., & Nugraheni, S. A. (2022). Models of antenatal classes for pregnant mothers. Medisains, 20(1), 28. https://doi.org/10.30595/medisains.v20i1.12820




