Pembinaan Literasi Keluarga Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat Di Kelurahan Kasturian Kota Ternate
DOI:
https://doi.org/10.56630/tm.v2i2.743Kata Kunci:
keluarga; literasi; masyarakat; pemberdayaan; pembinaan.Abstrak
Salah satu faktor penentu yang paling berperan dalam memberikan pengetahuan dasar serta membentuk kepribadian anak adalah keluarga, bukan lembaga pendidikan formal seperti sekolah dasar. Namun dalam penerapannya, sistem pendidikan keluarga ini belum berjalan sebagaimana mestinya di Indonesia. Pembinaan literasi keluarga sebagai sebuah upaya pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Kasturian Kota Ternate. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan sumbangsih ilmu pengetahuan dalam upaya pengembangan sumber daya manusia. Keluarga adalah tempat pertama dan utama yang berperan penting dalam membekali anak-anak dengan budaya dan kecakapan literasi yang kemudian akan membentuk kepribadian dan karakter yang tangguh, sehingga menjadi pelanjut generasi yang tangguh dalam menghadapi tantangan zaman saat ini dan tantangan di masa depan. Hasil analisis situasi terkait aktualisasi program literasi keluarga di Kelurahan Kasturian Kota Ternate menunjukkan bahwa: yaitu 1) masyarakat belum secara sadar melakukan identifikasi dan menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung literasi keluarga; 2) masih banyak orang tua siswa yang belum memahami aktivitas literasi yang perlu dilakukan di rumah; 3) Masih banyak keluarga yang tidak mengalokasikan anggaran literasi secara berkala; 4) sebagian besar keluarga tidak terlibat dalam kegiatan literasi di sekolah dan di masyarakat; dan 5) banyak keluarga yang tidak memahami bagaimana melibatkan anak dalam kegiatan yang dapat mengembangkan beragam literasi.
Referensi
Fauziyyah, D. F., Sunendar, D., & Damaianti, V. S. (2020). Strategi Pendidikan Literasi Keluarga Melalui Analisis Nilai Didaktis Pada Cerita Anak Litara. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 10(2), 61-70.
Harras, K. A. (2011). Mengembangkan potensi anak melalui program literasi keluarga. artikulasi, 144.
Inanna, I. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. JEKPEND" Jurnal Ekonomi dan Pendidikan", 1(1), 27-33.
Inten, D. N. (2017). Peran keluarga dalam menanamkan literasi dini pada anak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).
Kurnia, N., Wendratama, E., Adiputra, W. M., & Poerwaningtias, I. (2019). Literasi digital keluarga: Teori dan praktik pendampingan orangtua terhadap anak dalam berinternet. UGM PRESS.
Mardliyah, S., Siahaan, H., & Budirahayu, T. (2020). Pengembangan Literasi Dini melalui Kerjasama Keluarga dan Sekolah di Taman Anak Sanggar Anak Alam Yogyakarta. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 892-899.
Meilawati, I. (2015). Pengaruh literasi keluarga terhadap minat baca dan kemampuan literasi dini siswa kelas awal. Universitas Pendidikan Indonesia| repository. upi. edu| perpustakaan. upi. edu.
Meliyanti, M., Raraswati, P., Hidayat, D. N., & Aryanto, S. (2021). Kajian Literatur: Perkembangan literasi dan numerasi di lingkungan keluarga. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6504-6512.
Nurhayati, R. (2019). Membangun Budaya Literasi Anak Usia Dini dalam Keluarga. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 4(1), 79-88.
Oktaviani, M. (2019). Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Literasi Keluarga. Perspektif Ilmu Pendidikan, 33(2), 79-84.
Rachmi, Y., Wibowo, S., & Gatot, M. (2022). Implementasi Gerakan Literasi Keluarga dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 199-206.
Riza, M. F., Nikmah, N., Hidayah, S. N. L., Anggraeni, V. D., Ro’I, K. J., Afiyah, N., & Malichatin, H. (2021). Peningkatan Literasi Keluarga dalam Konten Edukatif Pembuatan Brownies Kukus Melalui Youtube. Berdikari: Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, 9(1), 23-37.
Solihat, I., & Riansi, E. S. (2018). Literasi cerita anak dalam keluarga berperan sebagai pembelajaran pembentuk karakter anak sekolah dasar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(2), 258-271.
Yunita, N., & Apriliya, S. (2022). Efektivitas Literasi Keluarga Dalam Mendukung Aktivitas Belajar Anak Di Rumah. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 97-108.