PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID–19 DI SMP KATOLIK DON BOSCO TOLITOLI

Authors

  • Kadek Maya Komala Sari
  • Michel Oskar Gaelagoy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika di masa pandemi COVID-19 di SMP Katolik Don Bosco Tolitoli. Penelitian ini menggunakan pendakatan kualitatif dengan prosedur observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Katolik Don Bosco Tolitoli.yang terletak di jalan. magamu no.82 kel : tuwelley.jenis penelitian, Subyek penelitian,Instrumen pengumpulan data.dan prosedur penelitian dan serta hasil penelitian. di SMP Katolik Don Bosco Tolitoli. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran matematika pada masa pandemi belum efektif berjalan dengan baik.hal ini terlihat dari beberapa faktor penghambat yang terjadi di SMP Katolik Don Bosco Tolitoli proses pembelajaran dalam masa pandemi COVID-19 dengan mengunakan pembelajaran daring.karna masi banyak kekurangan yang dihadapi siswa khususnya siswa yang tidak mampu mengerjakan tugas dan siswa tidak mempunyai hanpone (Hp), dan kendalah jaringan kurang baik pada saat guru memberikan tugas pada siswa dan menjadi salah satu faktor penghambat yang terjadi di SMP Katolik Don Bosco Tolitoli.Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Pandemi Covid 19

References

Afrianti.2019.Model pembelajaran monyongsong new era Normal pada lembaga pendidikan.

Hadion.Wijoyo@lecturer.Stmikdharmapalariau.ac.id akses pada tanggal 2020:21

Arifin .2011.Metode Penelitian Kualitatif,dan R & D.Bandung : Rineka Cipta.

Bogdam Moleong (2010) MetodologiPenelitian Kualitatf. Bandung: Remaja.Rosdakarya.

B.FSkinner (2018)and online teaching in higher education : A case study of Peking. University. March, 113–115. https://doi.org/10.1002/hbe2.191

Buidningsi.(2005).Belajar Dan Pembelajaran. Jakarata: Rineka.Cipt

Burhan, B., & Saugadi, S. (2017). Peranan Guru Terhadap Mutu Pendidikan. Visipena Journal, 8(1)

DediMulyasana.(2012). Strategibelajarmengajar Bandung: FKIP-IKIP Bandung

Djamarah bahri syaiful.(2002).Strategi Model Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Gagne.(2011). Evaluasi Pendidikan,Jakarta:Rineka Cipta.

Harsanto Radno. (2017).Pengelolahan kelas yang dinamika.Yogyakarta: cempaka.Kanisius

Hosnan.(2014).Pendekatan Saintifik dan Prestasi Belajar.abat 21 Bogor :Ghalia Indonesia.

Husamah (2015)Model-model pembelajaran. Jaakarta:Gramedia Pustaka jaya.

Johnson dan Myklebust (2015).Komunikasi dalam pembelajaran matematika,Yogyakarta : Jurnaal FMIPA UNY.

Kemendikbud.(2013). Materi.Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013.Kemendikbud.jakarta.

Luh Dewi Herliaandra.Dkk. Pembelajaran dimasa Pandemi. Jurnal.Lutwi.

Malik, A. R., & Asnur, M. N. A. (2019). USING SOCIAL MEDIA AS A LEARNING MEDIA OF FOREIGN LANGUAGE STUDENTS IN HIGHER EDUCATION. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(2), 166-75.

Malik, A. R., Emzir, E., & Sumarni, S. (2020). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING DAN GAYA BELAJAR VISUAL TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN SISWA SMA NEGERI 1 MAROS. Visipena, 11(1), 194-207.

Malik, A. R. (2019, August). THE INFLUENCE OF INSTAGRAM AND AUDITORY LEARNING STYLE ON GERMAN LANGUAGE MASTERY IN STUDENTS OF SMAN 1 MAROS. In International Conference on Cultural Studies (Vol. 2, pp. 279-283).

Mary Griffith.(2012)komunikasi dalam pembelajaran matematika.Yogjakarta : Remaja Rosdakarya.

Mulyasana Dedi.(2012).Pendidikan Bermutu dan Berdaya saing.Bandung : PT.Remaja Rosda karya.

Molyono Abdurrahman.2012. Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar teori diagnosis dan remedial.Jakarata PT.Renaka Cipta.

Neolaka Amos.(2020) Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan diri sendiriMenuju Perubahan Hidup.Depok : PT Kharisma Putra Utama.

Pohan Efendib Albert.(2020).Konsep pembelajaran Daring berbasis pendekatan ilmiah.Jakarata : CV Sarnu untung.

Sadirman, A.M 2011. Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya Ridwan. 2020.Pembeljaran daring dimasa darura. bendan luwur semarang:universitas Katolik soegijapranata.

Siberman.2011.Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif.Yogyakarta: Yappendis.

Siregar Eveline dan Nara Hartini.(2011). Teori Pembelajaran dan Pembelajaran. Bogor:Gihalia Indonesia

Surya.(2013).Strategi Belajar mengajar.Jakarata :PT Rineka Cipta

Simonson,(2019).Pendidikan jarak jauh.distance learning..http://catatannana.blogspot.com.akses 22 juni 2020-10.

Soedjadi.2019. Pembelajaran matematika untuk sekolah menenga.Jakarta : Dapartemen Pendidikan dan kebudayan.

Susanti.(2008).mendongengsebagai energy bagianak .Jakarta:rumahilmu Indonesia.

Sugiono (2013:335) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif. Alfabeta Bandung.

Sulfemi, WahyuBagja.(2017).AnalisaPengaruhMotivasi Dan Disiplinterhadapkinerjaguru.Bogor

Rusman.(2011).Model-model Pembelajaran.Bandung.Mulia Mandiri Press.

Ridwan.(2011)Rumus dan Data Dalam Aplikasi Statistika. Bandung:Alfabeta.

Wina Sanjaya. (2006) ProsesBelajar mengajar.Jakarata :PT Rineka

Cipta Wahyu (2012).Pembuatan sistem pakar untuk pendeteksidanpenanganandiniberbasis mobile android dengankajiankinerjatehnik.Yogyakarta.

Yamin M. (2012). Strategidanmetodedalam model pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group).

Published

2020-12-28