MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS III SDN 2 BAJUGAN

Kadek Maya Komala Sari

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan kontekstual di SDN 2 Bajugan dan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan kontekstual di kelas III SDN 2 Bajugan. Bentuk penelitian ini adalah tindakan kelas, tiap siklus terdiri dari dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I terdiri atas 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Penilaian hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai hanya 35,48 % atau 11 orang siswa yang tuntas, dan 64,51 % atau 20 orang siswa yang tidak tuntas, ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I belum berhasil. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan ditunjukkan dari ketuntasan belajar siswa yang meningkat dari 35,48 % pada siklus I meningkat menjadi 80,64 % pada siklus II, ini berarti siswa yang tidak tuntas berkisar 19,35 % atau 6 orang siswa yang belum tuntas, sehingga peneliti dengan guru kelas berpendapat bahwa disiklus II telah berhasil walaupun masil ada 6 orang siswa yang nilainnya rata-rata masil dibawah 70, sehingga 6 orang siswa tersebut diberikan remedial kemabali sampai mendapatkan nilai ketuntasan yang diinginkan.

Kata Kunci: Pendekatan Konteksual, Hasil Belajar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anurrahman. (2010). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Chistina Whidya Utami. (2010). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Ritel Modern, Jakarta: Salemba Empat

Darmadi, Hamid. (2010). Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta

Johnson, B. E. (2006). Contekstual Teaching And Learning. Bandung: PT. mizan

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Yasa, Doantara. (2008). Pendekatan Kontekstual atau Contextual Teaching And Learning (CTL). (http://ipotes.wordpress.com/?s=ctl), Diakses tanggal 08 Februari 2019


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.