DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP SISWA KELAS XI IIS 1 SMA NEGERI 3 TOLITOLI

Theopilus C Motoh

Sari


Game online adalah permainan yang dapat diakses oleh banyak orang pemain dengan menggunakan berbagai media teknologi PC / gadge melalui jaringan internet. Bermain game online sangat berdampak negatif papalagi dikalangan siswa, berkurangnya sosialisasi terhadap sesama, lupa waktu makan, kurangnya motivasi dalam belajar. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak game online terhadap siswa kelas XI IIS 1 di SMA negeri 3 Tolitoli. Rumusan masalah dalam penelitian ini “ Bagaimana dampak game online terhadap siswa di SMA negeri 3 tolitoli” yang dimana peneliti membatasi rumusan masalah pada dampak game online terhadap siswa kelas XI IIS 1 di SMA negeri 3 Tolitoli tahun ajaran 2018 / 2019. Adapun tujuan yang dilakukan dalam peneliatian ini adalah untuk mengetahui dampak negatif game online terhadap siswa kelas XI IIS 1 di SMA negeri 3 Tolitoli. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakann pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian lapangan (field rescach). Dengan demikian peneliti dapat menyimpulkan bahwa dampak dari bermain game online sangat berdampak negatif baik pada dampak kesehatan maupun tingkah laku siswa. Sehingga sangat berdampak pada motivasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Tolitoli.

Kata Kunci: Dampak, Game, Online, Motivasi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adam, E., Rolling, A. (2012). Fundamental of games design. Barkeleys, CA: NEW Riders.

Bodenheimer, B. (1999). Computer Animation and Simulation. Eurographics.

Dimyati, M. (1999). Belajar dan Pembelajaran (Cetakan Pertama). Jakarta: Rineka Cipta.

Flippo, E. B. (1996). Manajemen Personalia, diterjemahkan oleh Moh. Mas’ ud. Jakarta,

Erlangga.

Moleong, L. J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya..(2009). Metodologi penelitian kualitatif (edisi revisi).

Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.